Zona Berita

Pulau Nipah untuk Etalase Produk Perikanan

Pulau Nipah, salah satu pulau terluar yang berhadapan langsung dengan Singapura.

JAKARTA—Zona Damai :  Sekitar 65 persen kawasan Pulau Nipah di Kepulauan Riau akan dikembangkan melalui kerja sama dengan pihak swasta. Pulau terluar Indonesia itu di antaranya akan dikelola menjadi tempat transit kapal dan etalase produk perikanan.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo mengemukakan itu dalam kunjungan kerjanya bersama Menteri Pertahanan Poernomo Yusgiantoro ke Pulau Nipah, Kepulauan Riau, Jumat (4/5/2012).

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah mengajukan permohonan izin kepada Kementerian Keuangan untuk melakukan kerja sama dengan swasta dalam pemanfaatan Pulau Nipah. “Percepatan pengembangan Pulau Nipah tidak hanya ditujukan untuk kepentingan kedaulatan pertahanan dan keamanan negara saja, tetapi juga untuk menunjukkan kedaulatan ekonomi nasional,” ujar Cicip, dalam siaran persnya.

Cicip mengemukakan, berdasarkan hasil pengukuran Badan Pertanahan Nasional, Pulau Nipah saat ini memiliki luas 44 hektar. Dari lahan itu, areal yang akan dibangun seluas 29 ha yang merupakan aset KKP. Sisanya, 15 hektar atau 35 persen merupakan aset Kementerian Pertahanan untuk mendukung pertahanan dan kedaulatan wilayah NKRI.

Lahan seluas 29 ha itu, lanjut Cicip, akan dikelola dengan hak pakai. Lahan akan dimanfaatkan untuk tempat transit kapal, etalase produk perikanan, serta fasilitas pengawasan dan pemanfaatan pulau-pulau kecil terluar. Areal yang akan dibangun antara lain kawasan labuh, stasiun pengisian solar, perikanan, serta pengisian air bersih dan logistik. Target pasarnya adalah kapal-kapal yang melintas di Selat Phillips, terutama kapal-kapal asing.

Pulau Nipah merupakan pulau kecil terluar yang terletak di wilayah Kota Batam, yang memiliki titik dasar pengukuran batas wilayah maritim dengan negara Singapura. Pulau tersebut tenggelam perlahan dengan lahan tersisa hanya 700 meter persegi, sehingga upaya mempertahankan eksistensinya dilakukan dengan mereklamasi pulau tersebut.

beauty contest

Tahun lalu, Kementerian Kelautan dan Perikanan akan menggelar beauty contest untuk menjaring investor di Pulau Nipah, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Sejauh ini, sejumlah investor dalam negeri telah menyatakan tertarik. Melalui  beauty contest tersebut, KKP akan menjaring sejumlah kandidat yang dianggap memenuhi kriteria dan syarat. [KOMPAS.com]

Categories: Zona Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s