Zona Berita

Pemprov Kalsel Cadangkan 3.000 Hektar Lahan Transmigrasi

BANJARMASIN-Zona Damai :  Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan berusaha mencadangkan sekitar 3.000 hektar lahan untuk transmigrasi. Lahan tersebut berada di tiga kabupaten yakni di Tanah Laut, Balangan, dan Banjar.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalsel, Antonius Simbolon, di Banjarmasin, Kamis (3/5/2012), mengatakan, pihaknya saat ini masih terus berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten, guna merealisasikan cadangan lahan ini.D i beberapa titik, masih terdapat kendala terkait masalah kepemilikan lahan yang belum jelas.

“Masih dalam pembicaraan dengan pemda setempat, karena belum beres,” ujarnya.

Menurut Antonius Simbolon, pola penerimaan transmigrasi ke depan ada sedikit perbedaan dengan masa-masa sebelumnya, yakni transmigran tidak lagi ditempatkan dalam jumlah besar di wilayah luas. Mereka akan ditempatkan dalam kelompok-kelompok kecil, namun berada dalam kawasan pembangunan.

Hal ini penting untuk menjaga kesejahteraan transmigran di lokasi yang baru. Jika mereka ditempatkan dalam kawasan luas, maka susah dipantau.

Pemerintah Kalsel juga melirik daerah lain, seperti wilayah pesisir untuk lahan transmigrasi. Di pesisir transmigran tidak hanya diarahkan ke bidang pertanian, namun juga perikanan dan tambak.

“Kami akan bekerja sama dengan Dinas Kehutanan, termasuk jika memungkinan ada hutan tanaman rakyat,” kata Antonius.

Jumlah transmigran ke Kalsel sendiri terus menurun. Bahkan setahun terakhir tidak ada penempatan transmigran baru. Penempatan baru akan dimulai tahun depan. Dinas setempat kini lebih fokus membina enam unit pemukiman transmigrasi yang telah ada, sampai mereka siap dilepas. [KOMPAS.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s