Zona Berita

Massa KNPB Tewaskan Seorang Warga Sentani

Massa KNPB pada aksi unjuk rasa 20 Maret 2012

JAYAPURA-Zona Damai : Aksi massa KNPB kembali memakan korban jiwa. Kali ini seorang warga Sentani, Kabupaten Jayapura, bernama Dedy Kurniawan, mengalami penganiayaan dan penikaman pada Rabu (2/5/2012) malam. Korban kemudian tewas meski sempat mendapatkan perawatan medis di RS Dian Harapan Waena, sekitar pukul 22.45 Wit.

Kejadian penikaman tersebut dilakukan usai massa KNPB memakamkan Tereli Karoba, salah satu anggotanya yang tewas pada Selasa (2/5) usai aksi demontrasi menolak hari integrasi Papua dalam NKRI.

Usai pemakaman yang dipimpin Ketua KNPB, Buctar Tabuni, di pemakaman Waena, sekitar 300-an anggota KNPB langsung melakukan pemblokadean jalan dan perusakan sejumlah bangunan dan kendaraan yang melintas. Bahkan, dua unit sepeda motor milik warga yang diparkir di pinggir jalan ikut dibakar massa.

Korban Dedy yang kebetulan melintas dengan sepeda motornya di lokasi kejadian dihadang, laludianiaya serta ditikam. Meski sempat dilarikan ke RS Dian Harapan, nyawa Dedy tak tertolong.

Erwin, keluarga almarhum yang ditemui wartawan di rumah duka di Pasar Baru Sentani, kabupaten Jayapura, Kamis (3/5), mengisahkan adiknya baru pulang dari tempat kerja saat dianiaya dan ditikam.

“Yang lebih saya sesalkan adalah tak ada aparat kepolisian saat saudara saya dianiaya. Jenazah akan segera kami makamkan di tempat pemakaman umum Polomo Sentani,” ujarnya.

Aksi massa KNPB belakangan ini memang membuat keresahan dalam masyarakat. Selain Dedy yang menjadi korban tewas, massa KNPB juga sempat menganiaya dua anggota TNI, yaitu Kopda Suradin dari Kodam XVII Cenderawasih, dan anggota Denzipur 10, Sertu Arif, serta seorang mahasiswa USTJ, Andi Matasi.

“Kami mendesak aparat kepolisian segera mengusut tuntas aksi penganiayaan yang menimpa anggota kami,” tegas Kapendam XVII Cenderawasih Kolonel Inf Ali Bogra, Kamis (3/5)

Meski aksi malam hari itu sempat membuat masyarakat Abepura panik, kondisi kamtibmas hingga kini relatif kondusif.  [MICOM]

Categories: Zona Berita

Tagged as: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s