Zona Berita

Hari Integrasi, Merah Putih Berkibar di Jayapura

JAYAPURA—Zona Damai : Bendera Merah Putih berkibar di sepanjang jalan dari Sentani hingga Jayapura, Papua, Selasa (1/5/2012). Pengibaran puluhan bendera Merah Putih di median dan tepian jalan raya ini merupakan bagian dari peringatan integrasi Irian Jaya (sekarang Papua) dari Belanda ke Indonesia pada tanggal 1 Mei 1963.

Selain banyaknya bendera Merah Putih yang dikibarkan, upacara bendera untuk memperingati bergabungnya Papua ke Indonesia digelar di Lapangan Khalkote, Sentani, yang berada di tepi Danau Sentani.

Polisi Gagalkan pengibaran Bintang Kejora

Namun, sebaliknya, hari ini juga diperingati oleh mereka yang menginginkan Papua merdeka. Sedikitnya 50 orang yang tergabung dalam West Papua Organization yang sejak pagi tadi berkumpul di Taman Peringatan Kemerdekaan dan Pelanggaran Hak Asasí Manusia, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua. Polisi terpaksa membubarkan mereka secara paksa sekitar pukul 11.00 WIT.

“Ini kami lakukan karena mereka berniat mengibarkan bendera bintang kejora. Selain itu, mereka membuat kegiatan di lapangan tanpa ada izin dari kepolisian,” kata Kepala Kepolisian Resor Jayapura Ajun Komisaris Besar Wantri, di lokasi kejadian.

Pembubaran paksa sempat mendapatkan perlawanan dari sejumlah anggota West Papua Organization. Namun, parang dan panah yang mereka bawa tidak sampai digunakan akibat cepatnya antisipasi oleh polisi.

Tidak ada yang terluka, baik dari kepolisian maupun dari West Papua Organization, akibat pembubaran ini. Sebanyak 13 anggota organisasi kemudian ditangkap oleh polisi. “Kami masih menyelidiki mereka sekarang,” ujar Wantri saat ditanyakan soal 13 anggota organisasi yang diamankan polisi.

Selain mengamankan mereka, polisi menyita bendera bintang kejora, bendera organisasi, dan panah.

Kondisi tegang yang terjadi saat pembubaran paksa dilakukan sempat membuat panik sejumlah warga yang berada di dekat lokasi kejadian. Ruko-ruko di dekat lapangan pun langsung tutup. Selama sekitar dua jam, jalan raya di depan lapangan ditutup. Namun, kini kondisi sudah normal kembali. Sementara puluhan polisi masih berjaga di dekat lapangan. [Kompas.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s