Zona Berita

PM John Key dan 40 Delegasi Diterima di Istana Merdeka

PM Selandia Baru, John Key

JAKARTA—Zona Damai : John Key, Perdana Menteri Selandia Baru, sudah tiga hari berada di Jakarta. Ia tiba di Jakarta 15 April 2012 dengan membawa delegasi berjumlah 40 orang dalam rangka lawatan hari ke Indonesia. Selasa, 17/4/2012, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima kunjungan kenegaraan PM John Key dan delegasi 40 orang itu di Istana Merdeka, Jakarta.

PM Key, yang didampingi Menteri Perdagangan Selandia Baru dan delegasi berjumlah 40 orang, langsung disambut Presiden. PM Key juga disambut dengan upacara kenegaraan. Setelah itu, kedua kepala negara melakukan pembicaraan empat mata, diikuti pertemuan bilateral.

Kedua pemimpin negara akan membahas kerja sama bilateral serta membahas isu-isu regional dan global yang menjadi kepentingan bersama. Seusai pertemuan bilateral, keduanya akan menyaksikan penandatanganan beberapa MOU, di antaranya di bidang pertanian dan lingkungan hidup.

Pada malam harinya, Presiden Yudhoyono akan menggelar jamuan makan malam kenegaraan untuk PM Key. Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah mengatakan, kedatangan PM Key diharapkan dapat meningkatkan hubungan Indonesia-Selandia Baru.

“Selandia Baru merupakan salah satu negara di kawasan Pasifik Selatan yang memiliki banyak potensi dalam kerja sama bilateralnya dengan Indonesia. Terdapat banyak ruang untuk mendorong pengembangan kerja sama, di antaranya di bidang energi panas bumi, pendidikan, pertanian, dan lingkungan hidup,” kata Faiza.

Sementara itu, informasi dari Kantor Sekretaris Kabinet, total nilai perdagangan Indonesia-Selandia Baru pada tahun 2010 mencapai 330,6 juta dollar AS dan 357,5 juta dollar AS pada 2011. Barang-barang yang diekspor Indonesia ke Selandia Baru adalah minyak mentah, batubara, furniture, oil cake, ban, karet, dan makanan olahan.

Sementara barang yang diimpor dari Selandia Baru adalah dairy products, daging sapi beku, bahan kimia untuk pulp, dan mentega. Nilai investasi Selandia Baru di Indonesia berada di peringkat ke-43 dan secara keseluruhan pada tahun 2011 mencapai 13,8 juta dollar AS [dari berbagai sumber]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s