Zona Berita

KESDM Bakal Terapkan Sejumlah Batasan Ekspor Mineral

Widjajono Partowidagdo

JAKARTA-Zona Damai : PedomanNEWS – Kementerian Energi dan Sumber Daya (ESDM) akan menerapkan sejumlah batasan ekspor barang mentah mineral guna meningkatkan nilai tambah pertambangan dalam negeri.

Hal ini dikatakan Wakil Menteri ESDM, Widjajono Partowidagdo usai membuka acara Australian Mining Exhibition and Conference di Hotel Shangri-La, Jakarta, Selasa (17/4).

“Kalau kami melarang ekspor, orang tidak punya pekerjaan. Tetapi kalau kami masih mengizinkan mereka bekerja tetapi dengan sejumlah batasan. Karena dalam 5 tahun setelah UU Nomor 4 tahun 2009 ada larangan untuk ekspor barang mentah,” jelasnya.

Ia menjelaskan, kementerian membuat batasan tersebut agar eksploitasi berkurang dengan tambahan pajak ekspor. “Kami hanya memberikan pajak pada mineral. Kalau nanti diterapkan larangan ekspor, nanti ngga dapat pekerjaan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag), Gita Wirjawan, mengklarifikasi isu seputar rencana penerapan pajak ekspor barang tambang mentah maksimal 50 persen.

Mantan Kepala BKPM itu mengatakan Kemendag belum menentukan besaran pajak dan masih akan melakukan pembicaraan dengan pihak ESDM dan Kementerian Perindustrian untuk menetapkan besaran angka pajak ekspor tersebut.

Gita menyebut pajak ekspor tambang akan dilakukan hingga pemerintah menerapkan pelarangan ekspor batubara dan mineral pada tahun 2014. Rencanannya, Kemendag akan menggelar pertemuan dengan dua kementerian terkait, pekan depan.

Saat diwawancara wartawan, Jumat (13/4), Gita menyebut rencana penerapan bea keluar untuk komoditas tambang sejalan dengan semangat pengurangan eksploitasi tambang dan hilirisasi yang ada di dalam UU Minerba Nomor 4 tahun 2009.

Wacana pajak ekspor bahan tambang sendiri mendapat tanggapan negatif dari kalangan pengusaha. Menanggapi hal tersebut, Gita menjamin kebijakan pajak tetap memperhatikan iklim bisnis nasional. [pedomannews.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s