Zona Berita

Dahlan: Belanda kalah dari Indonesia

Jakarta-Zona Damai : Menteri BUMN Dahlan Iskan, Rabu, mengatakan bahwa Indonesia telah berkembang jauh lebih pesat dari era sebelumnya, bahkan ekonominya telah mengalahkan Belanda yang dulu menjajah Indonesia.

“Sepuluh tahun lalu kita nggak menyangka kita bisa mengalahkan (ekonomi) Belanda,” kata Dahlan dalam program talkshow Merah Putih, hasil kerjasama TVRI, LKBN Antara dan RRI, Rabu (11/4/2012).

Dia mengatakan, Indonesia kini menjadi negara yang sangat diperhitungkan dengan pencapaian ekonomi yang terus mengesankan.

Setahun lalu, katanya, pendapatan per kapita Indonesia telah mencapai 3.500 dolar AS. Bahkan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia tahun lalu telah mencapai 800 miliar dolar AS.

Padahal, sambungnya, di tahun yang sama PDB Belanda “hanya” 700 miliar dolar AS.

Kebal terhadap gejolak politik

Sebelumnya, Dahlan Iskan dalam sebuah artikel yang ditulisnya sendiri yang dipublikasikan di JPNN.com Senin (9/4/2012) mengungkapkan bahwa Ekonomi Indonesia harus terus berkembang di saat ekonomi dunia melesu. Kepercayaan diri kita sudah kuat untuk bisa satu per satu menyusul negara-negara lain dan bahkan melewatinya.

Apalagi, ekonomi kita mulai kebal terhadap gejolak politik. Heboh-heboh politik ternyata sangat kecil pengaruhnya. Pada saat seru-serunya demo BBM lalu, harga saham di pasar modal justru naik. Kalau investasi bisa terus dilakukan, target pertumbuhan ekonomi 6,5 persen akan tercapai. Ibarat balapan mobil, di saat pesaing lagi punya problem, Indonesia harus menginjak gas lebih dalam.

Kini dengan kemampuan pemerintah yang begitu kuat (tahun lalu ekonomi Indonesia sudah mengalahkan ekonomi Belanda), dengan APBN yang sudah Rp 1.500 triliun, dengan aset BUMN yang Rp 3.000 triliun, privatisasi BUMN hanya boleh dilakukan melalui pasar modal.

Saya pun akan terus mendorong BUMN untuk masuk pasar modal. Agar pengelolaan BUMN lebih transparan, lebih terbuka, lebih akuntabel. Siapa tahu, dengan cara ini, kapitalisasi pasar modal kita pun tidak lama lagi sudah bisa mengalahkan Singapura! Kalau bisa, paling lambat tahun depan! [Antara News & JPNN.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s