Zona Berita

Pilkada Aceh, Zaini-Muzakir Pimpin Perolehan Suara Sementara

Pasangan Zaini Abdullah-Muzakir Manaf


BANDA ACEH-Zona Damai : Pasangan Zaini Abdullah-Muzakir Manaf memimpin perolehan suara dalam perhitungan cepat (quick count) yang dilakukan sejumlah lembaga.

Salah satu yang melakukan perhitungan cepat (quick count) adalah Lingkaran Survei Indonesia yang dipimpin Denny JA. Lewat akun twitternya, Denny JA mengupdate perolehan suara sementara setiap 10 menit.

Partai Aceh juga melakukan penghitungan cepat lewat metode yang dinamakan real quick count. Ini adalah penghitungan dengan menggunakan software khusus dan mengupdate informasi dari saksi-saksi yang mereka tempatkan di seluruh TPS.

Data terakhir yang diupdate Denny JA pada pukul 15.46 wib berdasarkan 53,71 persen suara yang masuk, pasangan Zaini-Muzakir menempati urutan teratas dengan perolehan suara 51,92 persen. Disusul pasangan Irwandi-Muhyan di urutan kedua dengan perolehan 32,80 persen dan pasangan Muhammad Nazar-Nova Iriansyah di urutan ketiga dengan perolehan 7,98 persen.

Dalam Perhitungan Partai Aceh, Zaini-Muzakir juga unggul sementara dengan perolehan 53,91 persen suara. Posisi kedua ditempati Irwandi-Muhyan dengan perolehan 31.31 persen, Nazar-Nova 8,17, Darni Daud-Ahmad Fauzi 4,13 persen, dan Ahmad Tajudin-Suriansyah 2,48 persen.

Perhitungan itu berdasarkan data dari 10,62 persen suara yang masuk dari 1039 TPS dengan jumlah suara sah 194.633.

Lembaga lain yang melakukan penghitungan cepat adalah Lembaga Survei Indonesia yang dipimpin Saiful Mujani. Pantauan lembaga ini, dari 60 persen suara masuk, Zaini-Muzakir unggul sementara dengan perolehan 53 persen dan Irwandi Muhyan mendapat 30 persen suara. [atjehpost.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s