Zona Berita

DPRP Harus Berani Mekarkan Papua Lagi

Ramses Wally SH, Ketua Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Provinsi Papua

JAYAPURA–Zona Damai : Ketua Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Provinsi Papua, Ramses Wally menyatakan bahwa DPRP harus berani mengambil keputusan untuk memekarkan wilayah Papua menjadi beberapa provinsi baru lagi, seperti Papua Selatan dan Papua Tengah.

Hal itu dikatakan kepada Bintang Papua di Waena, Minggu (1/4/2012), dengan sebuah harapan agar potensi wilayah papua dapat dikelola di Papua dan dibagi rata ke setiap provinsi yang ada.

“Ibarat negara ini sebuah perusahaan berbentuk PT, maka sahamnya dari 33 provinsi yang ada. Dan saham terbesar adalah Papua. Pernatanyaannya, masak kita pemegang saham terbesar kok tidak bisa menjadi pengendali perusahaan itu,” ungkapnya.
Sehingga menurutnya DPRP harus berani. “Di tahun 2014 nanti bisa mengusulkan bahwa boleh saja Presiden RI dari orang jawa atau lainnya, tapi wakil presiden adalah Barnabas Suebu, itu opsi pertama,” jelasnya.

Dan bila Pemerintah Indonesia merasa berat, menurutnya musti diberikan opsi kedua, yaitu Barnabas Suebu ditunjuk sebagai Gubernur Jenderal.

Gubernur jenderal tersebut menurutnya, berfungsi mengatur atau membawahi semua provinsi yang ada di Papua. “Daripada bentuk UP4B yang tidak ada fungsinya, dengan membentuk Gubernur Jenderal maka bisa menyelesaikan masalah, karena saya yakin bisa diterima semua kalangan yang ad di papua,” ungkapnya lagi.

Penunjukan Barnabas Suebu sebagai Gubernur Jenderal tersebut, menurutnya juga menghindari konflik yang mungkin bisa terjadi dalam Pemilukada, dimana Barnabas Suebu yang akan mencalonkan kembali, ada beberapa pihak yang berusaha menggagalkannya. “Dalam kondisi seperti ini kalau aturan lain mengatakan beliau bisa maju, dan itu semua pihak harus menerima,” terangnya.

Kalau memang aturan tidak mengijinkan Barnas Suebu maju sebagai calon guebernur di Pemilukada mendatang, menurutnya DPRP juga harus berpikir untuk membuat satu solusi.

“Sekarang kan sudah jalan dua provinsi, mekarkan saja dua atau tiga provinsi lagi, Papua tengah dan Papua Selatan. Dengan dimekarkan dua atau tiga provinsi, pemerintahan di Papua ini DPRP harus berani merubah, yaitu dengan membuat satu posisi baru yang mampu mengkoordinir semua provinsi di Papua, yaitu harus ada Gubernur Jenderal,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, fungsi Gubernur Jenderal adalah wakil Pemerintah Pusat yang melindungi semua provinsi-provinsi di Papua. “Artinya seorang Gubernur jederal harus ditunjuk Presiden dan dia harus ada di Papua,” lanjutnya.

Ditegaskan, DPRP harus berani membuat itu. “Daripada melakukan pencekalan, kan lebih baik ambil keputusan memekarkan lagi menjadi beberapa wilayah dan megusulkan ke pemerintah pusat agar ditunjuk seorang gubernur jenderal. Dan bis amengusulkan seorang Barnabas Suebu sebagai Gubernur Jenderalnya,” tegasnya. [Binpa]

1 reply »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s