Zona Berita

Polisi Belanda Grebek Rumah, Cari Pendatang Indonesia

Zona Damai : Rumah Yvonne de Zwart, warga Belanda berdarah Indonesia, dua kali dirazia polisi Belanda. Mereka mencari suaminya, Thomas Djatmiko, warga Indonesia. Yvonne dituduh menyembunyikan imigran tanpa dokumen.

“Tidak ada pendatang ilegal, saya tinggal sendiri,” ujar perempuan yang rambutnya dicat pirang ini. Toh polisi urusan orang asing tetap tidak percaya. Mereka memeriksa setiap kamar hingga ke sudut-sudut ruang. Polisi juga melakukan “interogasi” singkat, intinya menuduh Yvonne aktif menyewakan kamar pada imigran ilegal di negeri Belanda.

Putri mantan komisaris polisi zaman Hindia Belanda tersebut menganggap penggrebekan di luar batas kewajaran.

“Saya punya rumah dengan kamar-kamar kosong bukan berarti saya menyewakan kamar. Dua anak saya dulu tinggal di sini, jadi wajar punya kamar dengan tempat tidur kosong. Anak saya suka pula menginap di sini. Saya dan anak-anak lahir di Belanda, dan berwarga negara Belanda,” katanya.

Yvonne juga tidak habis mengerti mengapa polisi masih mencari Thomas Djatmiko, suaminya yang berwarga negara Indonesia. Thomas telah dideportasi ke Indonesia sejak akhir Januari 2012. Kepulangan Thomas bahkan dikawal oleh petugas marsose Belanda. Jadi aneh jika polisi urusan orang asing masih mencari Thomas.

“Ia ada di Indonesia. Selain itu soal deportasi Thomas tidak tepat. Karena Thomas sebenarnya masih berhak tinggal di Belanda sampai bulan Mei 2012. Kami sudah menikah di gereja di Belanda, dan akan meresmikan pernikahan di Yogyakarta. Tapi marsose Kerajaan Belanda tak percaya penikahan ini. Mereka menuduh Thomas bayar saya untuk menikah, supaya ia bisa tinggal di Belanda,” kata Yvonne de Zwart menegaskan.

RNW Indonesia telah menghubungi pihak marsose untuk menanyakan masalah Thomas, namun mereka tidak memberi reaksi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s