Zona Berita

English Defence League: Sponsori Aksi Anti Islam Di Europa?

Oleh : Muhammad Nurdin *)

Zona Damai : Menurut pemimpin Liga Pertahanan Inggris (EDL :English Defence League) Stephen Lennon gerakan anti muslim akan mengadakan pertemuannya di kota Arthus, melakukan aksi anti Islamisasi pada hari Sabtu 31 Maret 2012,sebagaiamana dirilis oleh Radio BBC London,Inggris. Gerakan semacam itu memang segera mendapat kecaman dari berbagai kalangan, namun mereka tidak peduli dan terus berupaya untuk merealisasikan tujuannya.

Gerakan ini yang dipicu oleh perasaan anti kelompok imigran di Europa kemudian bergeser kepada aksi anti muslim, karena kebanyakan para imigran tersebut datangnya dari kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara yang memang penduduknya mayoritasnya muslim. Kemudian mereka panik, khawatir terhadap pesatnya perkembangan Islam di Eropa, meskipun mendapat berbagai hambatannya.Dalam konteks inilah sehingga EDL melakukan langkah-langkah untuk membentuk sebuah organisasi liga Europa untuk membendumg Islamisasi di seluruh benua Eropa.

Seiring terjadinya krisis zona Euro yang berdampak kepada semakin sulit memperoleh pekerjaan bagi warga masyarakat Europa ,baik karena program penghematan yang dilakukan rejim-rejim Europa maupun karena lawongan pekerjaan makin sulit mereka dapatkan karena harus bersaing dengan kelompok imigran.

Gerakan ultra sayap kanan pernah melakukan kekerasan dan pemboman di Oslo tahun 2011,dimana Andres Brehme Breivic melancarkan pemboman terhadap pusat perkantoran pemerintahan di kota Oslo Norwegia. Dalam laman dunia mayanya Andres Breihme Breivik menulis berbagai persepsinya terhadap kelompok imigran tersebut .A.B Breivik menyalahkan pemerintah Norwegia dan negara-negara EU yang karena rejim rejimnya menganut sistem liberal sehingga memudahkan kelompok imigran memasuki Europa.

Sementara di negeri Belanda muncul pula PVV pimpinan Geert Wilders yang juga anti muslim,yang melaluji parlemen Belanda berupaya untuk merealisasikan sikap anti Islamnya itu.Namun demikian sampai sekarang belum berhasil,karena kerajaan Belanda masih mengutamakan kebebasan dalam beragama .Di Perancis juga gerakan semacam itu muncul, kononnya pelaku pemboman di halaman KBRI Kota Paris juga dilakukan oleh mereka kelompok ekstrim sayap kanan .

Sementara di Inggris EDL tahun lalu juga pernah melakukan kekerasan dan aksi-aksi anti Muslim,sehingga 60 orang anggotanya di tangkap oleh aparat keamanan Inggris.Penangkapan tersebut dilakukan setelah mereka dituduh terlibat dalam aksi yang di ikuti oleh sekitar 1000 orang anggota EDL pada bulan September tahun 2011.

Dalam konteks inilah selanjutnya Mendagri Inggris,Theresa Mei melarang berbagai aksi mereka di wilayah Tower Hamletl,Newtham,Waitlham Forert,Irlington,Hackney dan Kota metropolitan London.Kelompok ultra sayap kanan EDL tersebut disinyalir juga terlibat dalam kerusuhan di kota Manchester dan lainnya yang sempat menimbulkan kepanikan di Inggris,sebagai balasan kepada Inggris yang memfasilitasi berbagai kelompok Imigran dari kawasan Asia Tenggara,Asia selatan,Timur tengah dan Afrika ,bekas jajahannya dahulu.

Padahal keberadaan kelompok imigran muslim di Europa sebagai konsekuwensi dari pencaplokan yang mereka lakukan terhadap Asia,Afrika .Sekarang mereka mengacaukan Iraq,Libya,Afghamistan,dan kawasan muslim lainnya lalu para pengungsi dari negara-negara tersebut tentu saja mengungsi ke Europa.Apalagi sebelumnya ketika berbagai negara Europa menjajah Asia, Afrika ,sehingga saat terjadi peperangan mereka mengungsi ke sana benua Europa, daerah asal negara negara penjajahnya.

Sekarang muncul kelompok-kelompok “Islamphobia”disatu sisi,tetapi disisi lain EU dan AS justeru terusan merangsek berbagai negara muslim sehingga mengungsi kenegara mereka.Jadi apa yang dilakukan dahulu dengan sekarang oleh Barat terhadap Muslim tidak berbeda,sehingga wajar saja makanya konsekuwensinya juga sama.Kelompok ultra sayap kanan semacam Tom Holland,Geert Wilders,Breivic,Stephen Lennon,dan kandidat- capres AS dari Republik yang dengan jelas memperlihatkan gejala serupa juga sekan gerakan KKK muncul kembali di negara Paman Sam tersebut.

Mereka dalam berbagai kampanyenya sangat anti Iran, Muslim,China dan amat pro Yahudi seperti yang terungkap dalam berbagai kampanye yang di lakukan Rick santorum,Mitt Romney,Newt Gingrich yang mengecam Barack H.Obama karena masih mau berbaikan dengan dunia Muslim. [kompasiana]

*) Penulis : Guru sejarah dan sosiologi di SMA di kota Bandung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s