Zona Berita

Polisi dan Pendemo Diimbau Menahan Diri, Jangan Ada Kekerasan

Jakarta-Zona Damai : Menyalurkan aspirasi tidak harus dengan kekerasan. Berdemokrasi bisa dilakukan dengan cara yang damai. Para pendemo yang menolak kenaikan BBM dipersilakan berunjuk rasa, namun dengan cara yang tertib. Kericuhan dan kekerasan harus dihindari.

“Jangan sampai niat unjuk rasa justru merugikan masyarakat dan kepentingan umum yang jauh lebih besar dan utama. Mari kita jaga bersama negara yang kita cintai,” kata Menko Polhukam Djoko Suyanto saat berbincang dengan detikcom, Jumat (30/3/2012).

Bukan hanya pendemo, petugas kepolisian yang berjaga pun harus bisa menahan diri. Jangan sampai pecah kekerasan antara pendemo dan petugas.

“Hindari perusakan, lempar-lemparan, jangan anarki yang tidak sesuai dengan pranata sosial dan hukum,” terang Djoko.

Pada siang ini, ribuan massa menyemut di depan Gedung DPR. Aksi para pendemo pun membuat ruas Jl Gatot Subroto di sekitar DPR ditutup. Petugas juga sudah bersiap di Gedung DPR. Rencananya hari ini DPR akan melakukan paripurna menyangkut BBM.

Sikap Golkar

Golkar Mainkan Politik Tarik Ulur Jelang Kenaikan BBM. Sikap Golkar yang semula keras mulai melunak. Golkar menyerahkan sepenuhnya opsi kenaikan BBM ke pemerintah.

“Kita serahkan ke pemerintah masalah kenaikan dan penurunan subsidi BBM. Kita sudah menentukan arah, kita menyetujui subsidi energi Rp 225 triliun. Dan kenaikan kita percayakan ke pemerintah,” jelas Ketua Fraksi PG Setya Novanto di Gedung DPR, Jumat (30/3/2012).

Novanto menjelaskan, partainya masih belum mengambil keputusan resmi terkait kenaikan BBM. Golkar masih menunggu sikap resmi pemerintah.

“Kita lihat usul pemerintah seperti apa,” jelasnya.

Lebih lanjut, Novanto enggan berkomentar, apapun keputusan Golkar masih menunggu di last minute. “Kita tidak dalam tahap menolak atau menyetujui, kita lihat saja nanti,” jelasnya. [detiknews]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s