Zona Tokoh

Dahlan Buat 12 Grup BBM untuk Rapat BUMN

Yogyakarta-Zona Damai : Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan mengaku membuat 12 BlackBerry Messenger (BBM) Group untuk melakukan “rapat koordinasi digital” dengan ratusan pimpinan perusahaan yang ia bawahi.

“Saya rapat dan berkoordinasi dengan seluruh anak buah saya menggunakan BBM,” kata Dahlan dalam diskusi Pemimpin Muda Belajar Merawat Indonesia di Gedung Purna Budaya Koesnadi Hardjosoemantri UGM Yogyakarta, Kamis 29 Maret 2012.

Itu, kata Dahlan, karena dirinya tidak mungkin mendatangi satu persatu perusahaan untuk memimpin rapat dan koordinasi. Dahlam membawahi 140 perusahaan BUMN beserta 500 anak usahanya. “Saya tidak mungkin mendatangi semua perusahaan itu karena banyak sekali,” ungkapnya.

Grup BBM yang dibuatnya bermacam ragam. “Ada grup BBM eselon 1, grup BBM gula, grup BBM perkebunan sawit, grup BBM bidang energi, dan lainnya,” ujarnya.

Dahlan mencontohkan koordinasi yang dilakukannya melalui grup BBM Gula. Melalui aplikasi digital ini, dia merapatkan banyak hal untuk memperbaiki pabrik-pabrik gula nasional yang dia nilai manajemen produksinya buruk sekali selama ini. “Tahun lalu kita impor sampai 1,8 juta ton. Hal itu tidak baik dalam perkembangan perkebunan tebu dan pabrik gula,” ujarnya.

Dahlan juga mengaku pernah mengamuk karena salah satu pabrik gula milik BUMN malah membangun gedung pertemuan. “Saya marah. Saya katakan ngapain bangun gedung pertemuan. Apa hubungannya dengan produksi gula?” katanya, jengkel. [VIVAnews]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s