Zona Berita

Filep Karma Dapat Dukungan Masyarakat Internasional


JAYAPURA-Zona Damai : Ribuan surat dukungan masyarakat internasional untuk pembebasan tahanan dan narapidana politik, dalam hal ini Filep Karma, diserahkan kepada keluarganya oleh pihak LSM Bersatu Untuk Kebenaran (BUK), di Kantor Kontras Papua, di Abepura, Senin (19/3).

Penyerahan 7.292 surat dukungan itu dilakukan kordinator BUK, Penias Lokbere, kepada keluarga Filep Karma yang diwakili ibunya, Eklefina Noriwari Karma, dan saudari serta anaknya, Magriet dan Andrevina Karma.

Penias Lokbere mengatakan, mengutip pernyataan Menteri Hukum dan Ham, Amir Syamsudin dalam kunjungannya di Jayapura awal bulan lalu, bahwa tidak ada tapol/napol di Papua, namun kenyataannya tidak demikian. Dirinya bahkan mengklaim apa yang dikatakan Menkumham itu adalah pembohongan publik.

“Untuk itu kami mendesak pembebasan semua tapol/napol yang ada di Papua. Jangan lagi ada stigmatisasi makar. Masyarakat internasional saja menolaknya,” tegas Lokbere.

Dia menjelaskan, ribuan surat dukungan itu sudah masuk sejak 2010, namun baru diserahkan pada keluarga Filep Karma. Filep Karma sendiri ditangkap 6 Juli 1998, karena mengiarkan bendera Bintang Kejora di Tower Biak, dan divonis tiga tahun penjara di Lembaga pemasyarakat kabupaten Biak. Filep kembali melakukan hal serupa di lapangan Trikora, Abepura pada 1 Desember 2004, dan hakim memvonis 15 tahun penjara pada 15 Mei 2005. [MICOM]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s