Zona Humaniora

Sejumlah Pohon di Bali akan Diasuransikan

DENPASAR-Zona Damai : DPRD Kota Denpasar mengharapkan pemerintah kota untuk mendata dan mengasuransikan pohon perindang sebagai upaya memberikan jaminan kepada masyarakat jika terjadi musibah alam.

“Kami harapkan Pemerintah Kota Denpasar untuk mengasuransikan pohon-pohon perindang itu, seperti yang telah dilakukan Pemerintah DKI Jakarta,” kata anggota Komisi C DPRD Denpasar Anak Agung Susruta Ngurah Putra di Denpasar, Minggu (18/3/2012).

Di sela-sela aksi sosial bersih-bersih di Pantai Sanur oleh Partai Demokrat itu, ia mengatakan, pohon perindang di kota cukup banyak dan ada yang berumur ratusan tahun. Untuk itu sudah semestinya pemerintah memikirkan untuk mengasuransikan ketika tumbang dan menimpa warga masyarakat.

“Ini penting secepatnya dilakukan. Sehingga ada jaminan bila pohon perindang tersebut tumbang saat bencana alam. Apalagi pohon perindang yang ditanam dipinggir jalan, jelas sangat berisiko yang membahayakan pengguna jalan,” ucap politikus Partai Demokrat itu.

Ia mencontohkan, kata dia, baru-baru ini pohon perindang tumbang di Jalan Raya Puputan, Renon menimpa seorang pengendara sepeda motor hingga sekarat. Akibat kejadian itu, siapa yang akan menanggung biaya pengobatannya?

“Kalau pohon perindang itu berasuransi khan pengobatan atau biaya rumah sakit bagi korban pohon tumbang bisa diklaim lewat asuransi pohon tersebut,” ujarnya.

Karena itu, kata dia, pemkot harus mendata jumlah pohon yang akan diasuransikan. Karena pohon perindang tersebut bagian dari aset pemerintah, sehingga bisa diasuransikan.

“Soal dana asuransi tersebut bisa saja dialokasikan lewat APBD atau dari dana pos lainnya. Langkah ini juga memberi jaminan kepada masyarakat. Karena selama ini ketika ada angin ribut warga masyarakat khawatir dan takut keluar rumah untuk bepergian,” katanya. [Antaranews]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s