Zona Berita

Pilpres Timor Leste Lancar


Dilli-Zona Damai : Pemilihan Presiden (Pilpres) di Negara Timor Leste Sabtu (17/30/2012) berjalan lancar. Sekitar 600 ribu dari sekitar 1,1 juta warga Timor Leste yang terdaftar dalam pemilihan presiden Timor Leste kali ini berbondong-bondong penuh antusias menuju tempat pemungutan suara. Kondisi ini jauh berbeda dengan Pilpres tahun 2006 yang lalu dimana saat menjelang pemilu diwarnai bentrokan berdarah, sehingga sedikitnya 35 orang tewas dan ribuan penduduk mengungsi dalam peristiwa berdarah tersebut.

Pada pilpres kali ini, menurut anggota parlemen dari Partai Demokrat Timor Leste Rui Menezes ada beberapa kendala cukup mengganggu seperti hujan yang turun dan sistem yang mengharuskan warga memilih di desa atau kampung sesuai asal mereka. Akibatnya, masyarakat yang ada di kota harus kembali ke desa atau kampung mereka untuk memilih.

“Partisipasi masyarakat juga sangat antusias sekali hanya saja karena ini hujan terus ada kondisi-kondisi jalan raya yang susah sekali dijangkau oleh masyarakat karena pemilihan periode ini agak berubah, jadi masyarakat harus memilih di Tingkat kampung atau di tingkat Desa tidak seperti periode lalu bahwa pemilih itu fleksibel mau memilih dimanapun teritori Timor Leste,” kata Rui Menezes.

Yakin Menang

Meski secara konstitusional presiden di Timor Leste tidak berhak membuat kebijakan, namun posisi itu masih dianggap penting sebagai pemersatu. Kali ini pilpres diikuti oleh 12 calon termasuk presiden berkuasa saat ini, Jose Ramos Horta.

Presiden kedua Timor Leste itu bersaing ketat dengan ketua Partai Fretilin, Francisco Guterres alias “Lu Olo” dan mantan panglima angkatan bersenjata Taur Matan Ruak. Masing-masing kandidat harus meraih sedikitnya 50 persen suara jika ingin menang dalam satu putaran.

“Tidak akan ada putaran kedua. Saya yakin saya akan menang hari ini,’’ kata Ruak kepada wartawan sesaat setelah memberikan suara di Dili kemarin. [dari berbagai sumber]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s