Zona Berita

Satu Zona Waktu Hemat Triliunan Rupiah

Jakarta-Zona Damai : Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menilai rencana penyatuan zona waktu di Indonesia merupakan langkah penghematan bagi negara.

“Ada studi-studi yang mengatakan bahwa dengan penyatuan zona waktu, pengaturan dan sebagainya akan menjadi lebih efisien dan menguntungkan, sehingga bisa menghemat hingga triliunan,” kata Hatta di Jakarta, akhir pekan lalu.

Dengan penyatuan zona waktu menjadi GMT+8, lanjut Hatta, waktu Indonesia akan sama dengan beberapa negara tetangga, yaitu Malaysia dan Singapura.

“Kalau zona waktu kita bisa sama dengan negara-negara tetangga, kita bisa melakukan penghematan dalam jumlah besar, baik jam kerja, trafik, maupun aktivitas ekonomi,” kata Hatta.

Hatta mendukung rencana penyatuan zona waktu tersebut demi penghematan secara besar-besaran bagi Indonesia.

“Saya mendukung GMT-8. Namun saya masih belum tahu kapan rencana ini bisa mulai direalisasikan,” kata Hatta.

Sementara juru bicara KP3EI, Edib Muslim mengatakan semua kementerian dan institusi yang dihubungi pihaknya memberikan reaksi positif atas wacana pemberlakuan satu zona waktu. Tinggal menunggu keputusan Presiden, dan tak perlu meminta persetujuan dari DPR. Pihaknya mengusulkan agar pemberlakuan zona waktu tunggal bisa dilaksanakan mulai 17 Agustus tahun ini, bertepatan dengan momentum HUT RI. Masih ada waktu beberapa bulan untuk melakukan berbagai persiapan.
[Metrotvnews.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s