Zona Berita

Mendagri: Hindari Pertikaian dalam Pilkada Aceh

Aceh Besar-Zona Damai : Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengharapkan semua pihak untuk menghindari pertikaian dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) pada 9 April 2012.

“Kalau kita terus bertikai maka akan jauh dari rezeki yang diberikan Allah kepada Aceh. Saya berharap pilkada Aceh berjalan damai dari awal hingga damai di akhir,” katanya di posko pilkada damai di bundaran Lambaro, Aceh Besar, Selasa (13/3/2012).

Hal itu disampaikan Mendagri di sela-sela mengunjungi posko pilkada damai yang didirikan sebagai pusat sosialisasi pelaksanaan pemilihan calon gubernur/wakil gubernur serta 17 pasangan calon bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota pada 9 April 2012.

Mendagri menilai banyak perubahan dan kemajuan pembangunan di provinsi ujung paling barat Indonesia itu pascatsunami dan konflik beberapa tahun lalu.

“Saya melihat banyak perubahan dan kemajuan pembangunan di Aceh pascatsunami. Kalau kita terus bertikai maka rezeki juga akan jauh dari kita. Saya melihat Aceh ke depan akan baik dan sejahtera,” katanya.

Gamawan yang didampingi Dirjen Otda Djoehermansyah Djohar dan Dirjen Kesbangpol Kemendagri Tanri akan menghadiri deklarasi pilkada damai yang diikuti lima pasangan calon gubernur/wakil gubernur Aceh di halaman masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh pada 14 Maret 2012.

Mendagri juga mengharapkan pelaksanaan pilkada serentak di Aceh bisa terwujud secara damai, adil dan tertib serta jujur untuk memilih pemimpin yang mampu mewujudkan kesejahteraan bagi provinsi ini.

Ia mengatakan, dukungan pemerintah, Polri dan TNI serta elemen bangsa lainnya terus berupaya agar pelaksanaan pilkada di Aceh bisa terwujud secara damai dan aman.

Gamawan juga mengajak kalangan mahasiswa khususnya di Kabupaten Aceh Besar untuk bersama-sama dengan elemen masyarakat lainnya mewujudkan penyelenggaraan pilkada damai di provinsi berpenduduk sekitar 4,6 juta jiwa itu.

Kunjungan Mendagri dan rombongan disambut dengan syair-syair Aceh yang dilantunkan dua seniman tradisional. Syair yang dilantunkan itu berupa ajakan pelaksanaan pilkada damai.

Mendagri juga dihadiahi kaos putih bertuliskan “pemilukada damai” dan simbol-simbol pelaksanaan pilkada damai di provinsi berjuluk Serambi Mekah itu. [Antara News]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s