Zona Berita

Hatta Rajasa: Aceh Harus Dibangun Dengan Hati

Banda Aceh–Zona Damai : Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) dalam kata sambutannya pada pembukaan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) dan Pelantikan Pengurus DPW PAN Aceh, Sabtu (10/3/2012), menyatakan Aceh harus dibangun dengan hati, bukan dengan kekuasaan.

“Saya tidak akan bicara panjang lebar, saya ingin berbicara tentang satu hal, yaitu membangun Aceh dengan hati,” ujarnya mengawali kata sambutan. Menurutnya, membangun dengan hati adalah membangun dengan kerja sama semua pihak. “Kenapa saya katakan dengan hati, karena hati itu tidak pernah berbohong,” tambahnya.

Menurut Menko Perekonomian itu, kalau hanya membangun Aceh dengan kerja keras saja tidak cukup, karena jika tanpa ada hati akan muncul saling ketidakpercayaan. Dalam membangun Aceh butuh saling percaya, trust building harus dibangun.

“Kita bangun dulu saling percaya, setelah itu baru bisa kita melangkah untuk membangun daerah ini. Saya terharu melihat dari pesawat betapa daerah ini begitu kaya, hutannya, lautnya, tanahnya subur. Ini tak cukup hanya dengan keterampilan, tapi butuh hati, hati dan hati,” ujarnya.

Menurut Hatta Rajasa, era keemasan Sumber Daya Alam Aceh sudah habis, masa kejayaan gas alam sudah tak ada lagi. “Maka oleh karena itu, sekarang kita butuh SDM yang handal, manusia-manusia Aceh yang membangun dengan hati, manusia-manusia yang membangun dengan penuh semangat,” tambah Hatta.

Dalam kesempatan tersebut Hatta Rajasa juga menjelaskan bahwa dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Indonesia (MP3EI) ,Aceh akan dijadikan sebagai basis ekonomi laut, kehutanan dan perkebunan. “Kita akan kembangkan sumber kelautan yang ada di Aceh, kita akan jadikan Aceh sebagai lumbung pertanian, kehutanan, tapi ingat jangan sampai bahan-bahan mentah diekspor terus, kita harus bangun infrastruktur sendiri,” ujarnya.

“Aceh harus terhubung terus dengan dunia global, kita telah merancang high way dan juga jalur kereta api dari Aceh sampai ke Lampung dan juga sedang dibangun jembatan di Selat Sunda, kita harus terus membangun,” tambah Hatta.

Terakhir Hatta Rajasa mengatakan bahwa tak ada kemajuan tanpa kebersamaan, tak ada kebersamaan tanpa keikhlasan. “Dan keikhlasan itu hanya dapat dicapat dengan saling percaya, tanpa ada saling curiga,” ujarnya. [atjehlink.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s