Zona Berita

Sistem Pemilu Kada Papua Bakal Diubah

JAKARTA-Zona Damai : Pemerintah akan mengubah seluruh sistem pemilihan kepala daerah di wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat.

Mendagri Gamawan Fauzi menyebutkan, dengan keberagaman kondisi budaya di sana Kemendagri melihat sistem pemilihan kepala daerah tidak langsung dianggap meminimalisir konflik.

“Saya sudah diskusi dengan berbagai pihak. Sistem pemilihan langsung tidak cocok dengan kondisi budaya Papua,” katanya di ruang wartawan Kemendagri di Jakarta, Jumat (9/3).

Ia menyebutkan, pihaknya sudah berdiskusi dengan sejumlah tokoh adat termasuk pihak gereja di Papua. “Mereka mengganggap mekanisme itu lah yang terbaik untuk masyarakat Papua saat ini,” ungkapnya.

Begitu pun dengan pengalaman Pemilu Kada di wilayah Papua selama ini yang semuanya nyaris berakhir dengan gugatan ke Mahkamah Konstitusi. Ini membuktikan masyarakat di sana belum siap untuk melakukan pemilu kada melalui pemilihan langsung.

“Bahkan Pak Mahfud (Ketua MK) sudah menyarankan khusus untuk Papua tidak dilakukan pemilihan langsung,” ujarnya. [MICOM]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s