Zona Berita

Enam Suku di NTT Hibahkan Tanah untuk Bandara El Tari

Ketua DPRD NTT, IA Medah

KUPANG-Zona Damai: Warga enam suku pemilik tanah Bandara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur seluas 33 hektare (ha) bersedia menghibahkan tanah tersebut kepada pemerintah.

Namun, mereka tetap menuntut tanah kosong seluas 510 ha yang masih merupakan bagian dari tanah bandara tersebut dikembalikan ke warga.

Kesepakatan itu dicapai dalam pertemuan perwakilan warga enam suku bersama ketua dan anggota DPRD Nusa Tenggara Timur di Kupang, Rabu (7/3/2012).

Tanah bandara dan tanah kosong dengan luas total 543 ha merupakan tanah milik enam suku yang diwariskan secara turun-temurun. Pada 1987, tanah tersebut berpindah pemilik setelah Badan Pertanahan Kabupaten Kupang menerbitkan sertifikat hak milik kepada TNI Angkatan Udara.

Sejak itu, warga terus berjuang mendapatkan kembali tanah mereka tetapi selalu mandek. Enam suku pemilik tanah tersebut ialah Suku Tahuba, Banu, Nifu, Saba’at, Lael, dan Ome.

“Tanah seluas 33 hektare kami tidak ganggu gugat lagi. Tetapi tanah kosong selain 33 hektare itu harus dikembalikan. Demikian pula jika ada bangunan di atas tanah kosong harus ada imbalannya,” kata Daniel Neno, juru bicara enam suku saat dialog bersama DPRD.

Ia mengatakan pada 1926 warga menghibahkan tanah seluas 20 ha kepada militer Belanda untuk membangun landasan pacu bandara. Pada 1928, warga menyerahkan lagi tanah seluas 13 ha untuk pembangunan hanggar dan asrama, sehingga total tanah yang seharusnya dikuasai TNI hanya 33 ha.

“Hanya 33 ha tanah yang diserahkan kepada pemerintah (TNI Angkatan Udara), namun sampai saat ini tanah itu terus diperluas sampai 543 ha,” katanya.

Ketua DPRD Nusa Tenggara Timur Ibrahim Agustinus Medah mengatakan pihaknya mendukung upaya warga mengambil kembali tanah milik mereka. Ia mengatakan pihaknya segera menghubungi instansi yang terkait dengan penerbitan sertifikat tanah bandara tersebut.

“DPRD NTT menjadi mediator dengan pihak terkait untuk selesaikan masalah ini,” kata Medah. [Micom]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s