Zona Berita

Tolikara Mencekam Lagi

JAYAPURA-ZonaDamai : Kabupaten Tolikara mencekam lagi. Asset pemerintah yakni Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Tolikara Papua dibakar Orang Tak Dikenal, Minggu 4 Maret sekitar pukul 18.00 WIT. Pembakaran gedung itu terjadi hanya sehari menjelang berlangsungnya kesepakatan damai, antara dua kubu calon bupati yang bertikai.

Dari pantauan langsung koresponden Bintang Papua di lokasi, api langsung melahap seluruh bangunan hingga rata dengan tanah. Tidak ada upaya pemadaman. ) Kepala Tata Pemerintahan Kabupaten Tolikara DR Margaretta membenarkan bahwa, gedung yang terbakar adalah kantor dinas kesehatan. ‘’Ini adalah gedung kesehatan yang baru selesai dibangun,’’jelasnya. ) ) Mengenai penyebab kebakaran, Margaretta tidak mau berkomentar. ‘’Saya kira itu adalah domain Kepolisian untuk mengetahui penyebabnya,’’singkat dia.

Sementara Kapolres Tolikara AKBP Rahmat M Siregar saat ditemui dilokasi kebakaran juga membenarkan gedung yang terbakar adalah milik Dinas Kesehatan. ‘’Ini milik kesehatan kabupaten Tolikara,’’paparnya. Mengenai penyebabnya, masih akan dilakukan olah TKP dan penyelidikan. ‘’Saya bisa simpulkan ini dibakar atau tebakar, kami mesti olah TKP dulu,’’jelasnya. Apakah pembakaran ini ada kaitan dengan proses kesepakatan damai antar dua kubu yang bertikai, Kapolres juga enggan berkomentar panjang. ‘’Kami belum bisa kaitkan kebakaran ini dengan rencana menggelar pesta damai dua kubu yang bertikai, dan mudah-mudahn tidak, pasalnya, kedua kubu sudah sepakat berdamai,’’tukasnya. Situasi Tolikara sendiri mencekam setelah terjadinya aksi pembakaran. Warga lebih memilih tinggal di rumahnya masing-masing mengantisipasi kerusuhan massal kembali terjadi.

Konsentrasi massa juga terlihat di distrik menuju Karubaga Ibukota Tolikara. Ratusan massa terlihat memegang senjata tajam antara lain panah, parang dan kampak. ) Kerusuhan Tolikara meledak akibat proses Pemilukada yang sedang berlangsung di daerah itu. Pendukung Dua kubu yakni pasangan John Tabo/Edi Suyanto dari Partai Golkar dan Usman Wanimbo/jikwa saling bentrok. Akibatnya 11 orang tewasn rtusna lainnya luka-luka. Pemungutan suara yang seyogyanya digelar 17 Februari akhiranya dibatalkan dan baru digelar jika kedua kubu bersepakat damai.

DPRD Tolikara Desak Mendagri Tetapkan SK Pencoblosan Ulang

Sementara itu DPRD Kabupaten Tolikara berharap Mendagri dapat menetapkan Surat Keputusan (SK) penetapan tanggal ulang pencoblosan Pilkada Tolikara secepatnya.

Ketua DPRD Kabupaten Tolikara Nicodemus Kogoya mengatakan hal ini ketika dikonfirmasi di Jayapura belum lama ini. Menurutnya, paling lambat Mendagri dapat menandatangani SK pencoblosan tersebut sejak 14 hari kerja terhitung tanggal 5 Maret mendatang atau setelah upacara adat perdamaian antara kedua calon kandidat yang bertikai dilaksanakan.
“Setelah tanggal 5, dua minggu kedepan hari kerja, 14 hari kerja diharapkan, nah itu akan dilaporkan kepada Gubernur, gubernur menyurat ke Mendagri, mendagri akan keluarkan SK untuk pencoblosannya tanggal berapa,” jelasnya.

Rencananya Pemkab setempat akan menggelar upacara adat perdamaian di Kota Karubaga, ibukota Kabupaten Tolikara pada 5 Maret mendatang. Kesepakatan ini diambil setelah kedua calon kandidat bupati setempat yang sebelumnya bertikai menandatangani kesepakatan perdamaian dihadapan pendukungnya yang dimediasi oleh Polda Papua.

Dalam upacara adat perdamaian itu akan dilangsungkan bakar batu berupa umbi-umbian dan babi sesuai dengan budaya adat setempat, sebagai pembayaran ganti rugi untuk korban bentrok kedua massa pendukung yang sebelumnya bertikai. Rencananya akan ada ratusan babi yang akan dibayarkan untuk ganti rugi.

Sementara DPRD Tolikarda mengklaim tidak akan ada penambahan dana Pemilukada yang akan digelontorkan lagi. Sebab dana sebelumnya yang telah dianggarkan sekitar Rp 25 miliar masih mencukupi untuk dilaksanakan pemilukada lanjutan. Namun pihaknya tak menutup kemungkinan akan ada penambahan dana pengamanan Pilkada lanjutan. [Binpa]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s