Zona Foto

JK : Pemerintah Tidak ‘Merampok’ Papua


Zona Damai : Salah satu isu yang sudah berurat-akar dalam benak orang Papua, khususnya di kalangan aktivis Papua merdeka adalah bahwa Tanah Papua sengaja dicaplok agar kekayaannya bisa dikuras. Mantan Wapres Jusuf Kalla membantah hal tersebut.

“Dalam 10 terakhir, tidak sepeser pun Jakarta mengambil uang dari Papua,” tegas Kalla.

Menurut Kalla, tahun 2011 saja, Pemerintah Pusat hanya dapat bagi hasil dari PT FI (Freeport Indonesia) sebesar Rp 17 triliun. Sedangkan, dana yang ditransfer ke Papua melalui APBN, DAU (Dana Alokasi Umum), dan DAK (Dana Alokasi Khusus) mencapai Rp 31 triliun.

Dalam praktik pendistribusian alokasi APBN ke tiap daerah, jika total APBN itu dibagi jumlah penduduk maka, satu orang warga di Jawa cuma dapat alokasi Rp1,5 juta dari APBN. Di luar Jawa dapat Rp2 juta per orang. Namun, untuk Papua tiap orang dapat Rp10 juta.

“Jadi, sebenarnya kita semua mensubsidi Papua. Aceh, Jawa, semua ikut mensubsidi. Jadi, ini persoalan ekonomi. Ini persoalan produktivitas. Makanya, kita harus meningkatkan produktivitas warga Papua. Ini memang butuh waktu lama, tetapi ini harus dilakukan,” ujar Kalla. [Vivanews]

Pemerintah tidak merampok papua

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s