Zona Ekonomi

Inilah Kontribusi PT Freeport Untuk Negara dan Papua

Oleh : Veronika Nainggolan

Zona Damai : Selasa (21/2/2012) Kantor Pusat PT. Freeport Indonesia (PT FI) di Jakarta mengeluarkan siaran pers. Isi siaran pers itu sedikit banyak bisa menjawab kegundahan masyarakat Indonesia yang selama ini masih bertanya-tanya, berapa persisnya pendapatan negara dari pengolahan tambah emas dan tembaga di Timika, Papua.

Jika pendapatan negara tidak seberapa, ngapain negara sampai babak belur dihantam badai sindiran media lokal hingga internasional terkait masalah Freeport? Begitulah kira-kira pikiran bebas masyarakat awam.

Sindiran terkait Freeport dimaksud mulai dari Kontrak Karya (KK) yang dinilai tidak adil, perlakuan-perlakuan khusus bagi Freeport dan tenaga asing yang bekerja di areal PT Freeport di Timika, hingga isu dana pengamanan bagi aparat yang bertugas di Freeport, serta keanehan-keanehan terkait serangan OTK terhadap pos-pos keamanan di areal Freeport yang dijaga aparat TNI-Polri.

Menurut siaran pers Freeport, sejak pembaharuan KK tahun 1991, maka mulai tahun 1992 hingga Desember 2011 total kewajiban keuangan Freeport kepada pemerintah adalah sebesar 13,8 miliar Dolar AS. Kalau dirupiahkan, dengan kurs rata-rata 7.500 per dolar AS (mengingat kalau tidak salah thn 1992-1997 kurs rupiah masih jauh di bawah 7.500 dan naik drastis pada saat kerusuhan 1998 hingga melampaui angka 10.000, dan beberapa tahun belakangan ini cukup stabil dengan angka 8 sampai 9 ribu per dolas AS), maka total pendapatan negara dari PT. Freeport selama 20 tahun tersebut sekitar Rp 100 Triliun lebih. Atau rata-rata Rp 5 Triliun per tahun.

Masih menurut siaran pers PT Freeport kemarin, 13,8 Miliar Dolar AS itu terdiri atas Pajak Penghasilan Badan 8,6 miliar dolar AS; Pajak Penghasilan Karyawan, Pajak Daerah, serta pajak-pajak lainnya 2,6 miliar dolar AS; royalti 1,3 miliar dolar AS dan dividen sebesar 1,3 miliar dolar AS.

Sedangkan untuk pembangunan daerah (Papua) selain berkontribusi melalui Pajak Daerah, PT Freeport Indonesia mengklaim telah berinvestasi senilai kurang lebih 7,2 miliar dolar AS pada berbagai proyek termasuk infrastruktur kota, instalasi pembangkit listrik, bandara dan pelabuhan, jalan, jembatan, sarana pembuangan limbah, dan sistem komunikasi modern.

https://zonadamai.wordpress.com/2012/02/21/freeport-klaim-berikan-manfaat-rp34-triliun-ke-pemerintah/

Mudah-mudahan apa yang diberikan oleh PT Freeport Indonesia tersebut sudah sebanding dengan “derita” Pemerintah Indonesia selama ini. Mungkin masih banyak manfaat sumbangsih lain yang sudah diberikan oleh PT Freeport, seperti menjadi sponsor Persipura, tim sepakbola kebanggaan orang Papua, memberikan beasiswa kepada generasi muda papua dan sebagainya. Dan mungkin masih banyak lagi yang akan dilakukan oleh PT Freeport bagi kemaslahatan orang Papua….[Kompasiana]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s