Zona Berita

Freeport Klaim Berikan Manfaat RP3,4 Triliun ke Pemerintah

Jakarta-Zona Damai: PT Freeport Indonesia mengklaim telah memberikan manfaat langsung sebesar 372 juta dolar AS atau sekitar Rp3,4 triliun kepada pemerintah Indonesia pada periode triwulan IV tahun 2011.

Siaran pers Freeport yang diterima di Jakarta, Selasa (21/2), menyebutkan, Freeport telah melakukan kewajiban pembayaran kepada pemerintah Indonesia yang antara lain terdiri atas Pajak Penghasilan Badan sebesar 293 juta dolar AS.

Selain itu, jumlah tersebut juga terdiri atas Pajak Penghasilan Karyawan dan Pajak Daerah serta pajak-pajak lainnya sebesar 36 juta dolar AS dan royalti sebesar 43 juta dolar AS. Dengan demikian, masih menurut rilis tersebut, total pembayaran yang telah dilakukan Freeport selama tahun 2011 sampai dengan Desember telah mencapai 2,4 miliar dolar AS atau sekitar Rp21 triliun rupiah.

Jumlah tersebut terdiri atas Pajak Penghasilan Badan 1,6 miliar dolar AS; Pajak Penghasilan Karyawan, Pajak Daerah serta pajak-pajak lainnya 397 juta dolar AS, royalti 188 juta dolar AS, dan dividen bagian pemerintah 202 juta dolar AS.

Sejalan dengan prosedur administratif yang berlaku dalam peraturan perpajakan Indonesia, maka dampak pembayaran pajak akibat aksi pemogokan karyawan dalam tahun 2011 akan dilaporkan dalam Surat Pembayaran Pajak Tahunan Tahun 2012.

Sedangkan total kewajiban keuangan sesuai dengan ketentuan yang mengacu pada Kontrak Karya tahun 1991 yang telah dibayarkan Freeport kepada pemerintah sejak 1992 sampai Desember 2011 adalah sebesar 13,8 miliar dolar AS, yang terdiri atas Pajak Penghasilan Badan 8,6 miliar dolar AS; Pajak Penghasilan Karyawan, Pajak Daerah, serta pajak-pajak lainnya 2,6 miliar dolar AS; royalti 1,3 miliar dolar AS dan dividen sebesar 1,3 miliar dolar AS.

Freeport Indonesia juga mengklaim telah berinvestasi senilai kurang lebih 7,2 miliar dolar AS pada berbagai proyek termasuk infrastruktur kota, instalasi pembangkit listrik, bandara dan pelabuhan, jalan, jembatan, sarana pembuangan limbah, dan sistem komunikasi modern.[Ant]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s