Zona Berita

Hasil Tim Investigasi Konflik Maluku Tak Pernah Dibuka

Thamrin Ely dkk, para penggagas Deklarasi Malino II

AMBON—Zona Damai : Salah satu eksponen perdamaian konflik Maluku pada Perjanjian Malino II, Thamrin Ely, mempertanyakan hasil tim investigasi konflik sosial di Maluku pada 1999 lalu. Hasil tim investigasi, yang di dalamnya terdiri dari berbagai elemen, seharusnya dipublikasikan.

”Publikasi hasil tim investigasi sangat penting supaya masyarakat Maluku tahu apa penyebab konflik sosial berkepanjangan yang terjadi tahun 1999 sekaligus bisa menjadi pembelajaran bagi pemerintah daerah dan masyarakat agar bisa mencegah konflik serupa terulang,” kata Thamrin seusai acara peringatan 10 tahun Perjanjian Malino II, perjanjian yang mendamaikan konflik Maluku, di Ambon, Maluku, Selasa (14/2/2012).

Thamrin mengatakan, sudah berulang kali meminta hasil tim investigasi tersebut. Namun, dengan alasan rawan memicu konflik baru, hasil tim investigasi itu tidak pernah dipublikasikan.

”Dibukanya hasil investigasi itu justru untuk menjadi pembelajaran bagi masyarakat Maluku, bukannya memicu konflik baru. Saya sampai sekarang masih berharap hasil tim investigasi tersebut bisa diungkap ke masyarakat Maluku,” tambahnya.

Seperti diketahui, konflik sosial berkepanjangan yang terjadi di Maluku mulai tahun 1999 sampai dengan 2004 dipicu permasalahan agama. [KOMPAS.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s