Zona Berita

Perusahaan Kontraktor PT Freeport Rekrut Ratusan Karyawan Baru

Virgo Solosa

Jakarta – Zona Damai : Sekitar 300 pekerja sejumlah perusahaan kontraktor PT Freeport kesulitan kembali bekerja karena perusahaan mereka sudah merekrut tenaga baru.

Perusahaan melakukan itu saat para pekerjanya ikut aksi mogok kerja kurun Oktober – Desember 2011 lalu. Juru Bicara Serikat Pekerja PT Freeport Indonesia Virgo Salossa mengatakan berbagai fasilitas pekerja, misalnya rumah, sudah dihuni oleh penggantinya. Menurut Virgo, perusahaan kontraktor PT Freeport bertanggung jawab untuk mempekerjakan kembali karyawan terdahulu.

“Nah, ini sedikit kendala. Sehingga teman-teman yang kemarin ikut aksi mogok, susah diakomodasi. Ini yang lagi kami dorong, bahwa semua progress ini harus dipertanggungjawabkan oleh perusahaan.”

Juru Bicara PT Freeport Virgo Salossa mengingatkan, jika perusahaan kontraktor tidak mempekerjakan kembali, maka proses pemulangan peserta aksi dari Timika ke perusahaan di Tembagapura akan terhenti.

Serikat Pekerja memperkirakan hingga kini baru ada 500-an pekerja yang kembali bekerja dari 8 ribuan yang masih berada di Timika, lokasi aksi mogok kerja sejak Oktober lalu.

Sebelumnya dilaporkan bahwa Serikat Pekerja PT Freeport Indonesia (3/1/2012) melanjutkan pemulangan peserta mogok kerja dari Timika ke Tembagapura untuk kembali bekerja. Tahap kedua ini Serikat Pekerja berhasil memulangkan sekitar 340-an anggotanya setelah mendapat sinyal positif dari perusahan-perusahaan kontraktor PT Freeport untuk tidak memecat pekerjanya yang ikut aksi mogok kerja.

Serikat Pekerja PT Freeport memperkirakan saat ini masih ada sekitar 8 ribuan pekerja yang masih berada di Timika menunggu pemulangan ke Tembagapura. Mereka mogok sejak pertengahan September lalu. Mereka menuntut persamaan upah pekerja Freeport di Papua dengan di luar negeri.[KBR68H]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s