Zona Berita

Polri Dianggap Gagal Cegah Penembak Liar di Papua

JAKARTA-Zona Damai : Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra, Ahmad Muzani meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) turun langsung melihat kondisi keamanan di Papua. Pasalnya, informasi yang disampaikan mengenai kondisi yang nyata di lapangan berbeda dengan kondisi keamanan yang sampai ke Pusat.

Menurut Muzani, laporan yang berbeda ini berakibat pada pengambilan kebijakan untuk mengatasi kondisi keamanan di Papau yang terus terganggu dengan hadirnya penembak liar yang hingga kini belum terungkap.

“Kalau perlu, SBY harus turun langsung. Apa yang terjadi di Papua tidak sampai laporannya ke Pusat. Karena seringkali laporan yang ke Jakarta tidak menggambarkan keadaan aktual. Bahkan basi. Sehingga keputusan yang diambil kurang pas,” katanya Muzani di Jakarta, Rabu (21/12).

Kesimpulan itu diperoleh Muzani yang juga anggota Komisi I DPR usai melakukan kunjungan kerja ke Papua. Kata dia, kondisi keamanan di Papua hingga saat ini belum dapat dikendalikan sepenuhnya oleh aparat.

“Pola penanganan yang dilakukan Polri sampai sekarang gagal mencegah penembakan liar, bahkan untuk menangkap pelakunya pun belum bisa. Sementara TNI tidak bisa berbuat lebih maksimal karena ketentuannya sudah seperti itu,” katanya.

Karenanya, Wakil Ketua Fraksi Gerindra itu mengusulkan agar pola pengamanan di Papua harus dirubah. Kata dia, jika selama ini hanya dipercayakan kepada Polri, maka TNI harus dilibatkan untuk mencegah jatuhnya korban.

“Pemerintah harus mengubah pola penangan keamanan Papua. Nyata, dengan pola yang sekarang yakni dengan mengedepankan Polri dan TNI memback-up operasi keamanan di Papua masih rawan. Penembakan liar masih saja terjadi. Untuk menangkap penembaknya pun masih belum bisa,” ucapnya.

Muzani yakin dengan tidak dilibatkannya TNI, maka penembakan akan terus terjadi. Akibatnya, terjadi krisis kepercayaan kepada aparat keamanan dan pemerintah karena tidak mampu melindungi rakyatnya. [ JPNN ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s