Zona Wisata

Tabut Perjanjian Nabi Musa ada di Etiopia?

ilustrasi

Zona Damai : Kisah Tabut itu berawal lebih dari 3000 tahun yang lalu. Seseorang memimpin dua juta orang ke Gurun Sinai. Ia butuh campur tangan Ilahi dalam skala yang luar biasa dan ia akan mendapatkannya. Orang itu adalah Moses atau Musa a.s yang memimpin kaumnya keluar dari perbudakan di Mesir. Tiga bulan mengembara setelah mukjizat terbelahnya laut merah, Ia membawa orang Israel ke Gunung Sinai. Tuhan akan melimpahkan hadiah yang belum pernah ada bagi umat manusia. Dari ratusan hukum yang ada di dalam Perjanjian Lama semuanya seolah diturunkan dari suatu tempat. Tapi tidak dengan 10 hukum besar yang dibawa Musa turun dari Gunung Sinai ini.

Ada sepuluh perintah Allah yang diturunkan kepada Musa di Gunung Sinai, dan perintah-perintah itu tertulis pada dua loh batu. Musa juga membuat tempat yang digunakan untuk menyimpan sepuluh perintah Allah yang disampaikan kepadanya di Gunung Sinai, yaitu apa yang kita sebut sebagai Tabut Perjanjian.

Tabut itu dibuat sangat spesifik, berwujud peti kayu dengan panjang 1,2 meter, lebar 61 cm, dan tinggi 61 cm. Terbuat dari kayu keras yang disebut akasia, bagian luar dan dalamnya disepuh dengan emas murni. Di sudut-sudut tabut harus ada 4 cincin emas, dimana kayu pengusung yang juga disepuh dengan emas dapat dimasukkan untuk membawa Tabut tersebut. Tutupnya yang juga disebut sebagai “tumpuan kaki tuhan” harus juga terbuat dari emas murni, dimana Patung Mailakat bersayap emas (kerubim) juga diletakkan di ujung-ujung atasnya dan saling berhadapan.

Dome of the Rock, Temple Mount, Jerusalem

Alkisah, Tabut Perjanjian itu disimpan di Dome of the Rock, Temple Mount, Jerusalem. Inilah tempat yang diyakini sebagai pusat dari agama Yahudi. Bagaimana tabut itu sampai disini dan bagaimana bisa lenyap dari sini? itulah teka-teki yang mengundang obsesi. Apa yang terjadi pada benda terpenting di perjanjian lama ini sehingga bisa lenyap begitu saja? http://beye-beyeblog.blogspot.com/2010/01/ark-of-covenant.html

Terbetik berita bahwa Tabut Perjanjian itu telah ditemukan di Etiopia, di sebuah Kapel suci dekat gereja St. Mary di Axum. Bangsa Etiopia meyakini bahwa Tabut Perjanjian yang berisi 10 Perintah Tuhan yang dipahat di atas batu, dimana Nabi Musa telah mengikat perjanjian antara manusia dan Tuhan tersebut disimpan di Kapel itu.

Setiap tahunnya, ribuan peziarah datang mengunjungi gereja dan kapel tersebut. Hanya dari balik jeruji besi mereka dapat menyaksikan kapel tersebut. Para wisatawan bahkan tidak diizinkan mendekatinya. Tempat suci ini hanya boleh dimasuki oleh pendeta-pendeta khusus bangsa Etiopia.

Peraturan ini dikeluarkan setelah dua wisatawan memanjat masuk lewat jeruji besi untuk melihat Tabut dari dekat.
http://internasional.kompas.com/read/2011/12/21/14382471/Gereja.Ortodoks.Etiopia.Familiar.Namun.Eksotis

Aneh

Bagi para peziarah bangsa Barat yang mengunjungi Etiopia, aneh rasanya mengunjungi gereja-gereja di Etiopia. Agama Kristen yang dianut disana memang sama, namun dikemas secara eksotis dengan sentuhan India.

Dalam beberapa hal, umat Kristen di Etiopia terlihat mirip dengan umat Islam. Suasana syahdu dalam gereja, cara berpakaian kaum perempuannya, dan bahkan cara mereka berdoa: bersujud di atas kedua lutut.

Pelayanan di Gereja St. Michael di Axum, Etiopia

Bangsa Etiopia merasa bangga atas sejarahnya, apalagi karena mereka tidak pernah benar-benar mengalami penjajahan. Kebudayaan Kristen di Etiopia Utara telah tercatat jauh sebelum zaman kolonial, yaitu abad keempat sebelum Masehi.

Pada hari-hari besar keagamaan seperti Natal dan Tiga Raja, ribuan peziarah berkumpul di tempat-tempat suci seperti Axum dan Lalibela. Beberapa dari mereka bahkan berjalan kaki berhari-hari menuju tempat-tempat suci tersebut.

Dataran tinggi Etiopia memang penuh dengan jalan setapak yang telah berabad-abad usianya. Meskipun demikian, jalanan tersebut masih terus digunakan. [ dari berbagai sumber ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s