Zona Berita

Gereja: Pradialog Jakarta–Papua Dilanjutkan Januari 2012

Pdt. Socratez S. Yoman

Jakarta-Zona Damai : Pertemuan pradialog antara pemerintah dengan perwakilan masyarakat Papua akan dilanjutkan pertengahan Januari mendatang. Ketua Umum Persekutuan Gereja Baptis Papua Socratez Sofyan Yoman mengatakan, pertemuan lanjutan nanti akan tetap dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Pertemuan lanjutan masih membahas bentuk dan isi dialog.

“Bulan Januari minggu kedua. Presiden dan pimpinan gereja. Ini kita harus dialog. Dialog juga harus kita bicarakan. Ini membutuhkan proses yang panjang. Karena rakyat Papua sudah tidak percaya lagi pada Republik Indonesia, pada pemerintah Indonesia. Presiden sudah sampaikan itu, dan kami akan kembali lagi untuk menggelar dialog lagi, untuk jenis format yang benar, format penyelesaian Papua yang secara menyeluruh, adil, damai bermartabat,” Demikian Socratez.

Sebelumnya, Socratez Sofyan Yoman dan tiga pimpinan gereja Papua bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada akhir pekan lalu di Cikeas Bogor. Dari unsur pemerintah juga hadir Wakil Presiden Boediono, Menko Polhukam, Panglima TNI, dan sejumlah menteri. Dalam pertemuan itu, Presiden SBY menyatakan akan menarik pasukan nonorganik dari Papua serta menghentikan sementara kegiatan Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat atau UP4B. [KBR 68H]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s