Zona Berita

Tuntutan Dikabulkan, Karyawan Freeport Belum Kembali Bekerja

Direktur Pencegahan dan Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial Kemennakertrans Sahat Sinurat (tengah) berjabat tangan dengan Vice President PT Freeport Indonesia (PTFI) Sinta Sirait (kiri) dan Juru Bicara Serikat Pekerja PTFI Juli Parorongan. (Foto: Investor Daily)

Timika-Zona Damai : Pekerja PT Freeport Indonesia belum memulai aktivitas bekerja hari ini. Sebelumnya ribuan karyawan PT Freeport Indonesia yang sempat mogok kerja akan bekerja kembali. Ini menyusul kesepakatan antara Serikat Pekerja Freeport dengan manajemen seputar tuntutan kenaikan gaji pekerja sebesar 37 persen. Juru bicara Serikat Pekerja PT Freeport Indonesia Juli Parorongan mengatakan, tidak bekerjanya para pekerja disebabkan masalah teknis transportasi ke lokasi penambangan.

“Belum, ini kan tehnik persiapannya harus disipakan semua. Ini kan jalan banyak yang rusak, banyak yang diblok. Jadi ini harus dipersiapkan secara baik. Trus keamanan masuk ke dalam tambang ini kan harus dipertimbangkan. Kemudian juga segala sesuatu menyangkut persiapan teknis ibadah, teknis pembongkaran tenda. Itu kan semua harus dipersiapkan nggak bisa kemudian langsung diangkut seperti barang, Apalagi masyarakat di sini kan punya ritual tersendiri dan harus kita hormati.” Tegas Juli.

Sebelumnya ribuan pekerja PT Freeport Indonesia yang telah mogok kerja sejak 15 September lalu akan kembali bekerja hari ini. Ini lantaran telah ada kesepakatan antara manajemen PT Freeport Indonesia dengan para pekerja. Yakni pihak perusahaan akan membayar kenaikan upah 24 persen di tahun ini. Sisanya 13 persen akan dibayarkan tahun depan. [ KBR68H ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s