Zona Humaniora

Angelina Sondakh Digoyang Isu Asmara dengan Penyidik KPK


Zona Damai : Angelina Sondakh, politikus Partai Demokrat kembali jadi pemberitaan. Bukan saja soal namanya yang terseret kasus suap proyek pembangunan Wisma Atlet SEA Games di Palembang, tapi lantaran isu kedekatannya dengan seorang perwira penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Indonesia Corruption Watch menilai kedekatan Angelina Sondakh dengan penyidik KPK bernama Raden Brotoseno perlu diwaspadai. Sebab, hubungan dekat ini, selain dapat mempengaruhi pengusutan kasus, berpotensi membuat rahasia KPK bocor. Anggota Badan Pekerja ICW, Emerson Yuntho, mendesak Brotoseno mundur dari KPK dan meneken komitmen menjaga rahasia.

Kabar kedekatan Angelina dengan penyidik KPK diakui Busyro Muqoddas. Busyro mengaku juga sedang menyelidiki salah seorang perwira menengah berpangkat komisaris polisi itu apakah melanggar kode etik. Pengusutan itu, menurut Busyro, karena posisi Angelina Sondakh adalah salah satu saksi dari kasus suap yang melibatkan rekan Angie, Muhammad Nazaruddin.

Saat membacakan nota keberatan dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Rabu, 7 Desember 2011 lalu, Angelina berulang kali disebut Nazaruddin, terdakwa kasus suap Wisma Atlet. Nazar menyatakan Angelina terlibat dalam sejumlah upaya memuluskan anggaran. Angelina bahkan pernah dipanggil petinggi Partai Demokrat pada 12 Mei 2011 di ruangan Ketua Fraksi Demokrat dari pukul 16.00-19.00 WIB.

“Saya mendengar dari Angie kalau dalam pertemuan yang dihadiri Benny K. Harman, Jafar Hafsah, Edi Sitanggang, Max Sopacua, Ruhut Sitompul, M. Natsir, dan saya sendiri. Angie mengakui menerima uang Rp 9 miliar dari Menpora dalam hal ini Andi Mallarangeng dan Wafid Muharram (Sekretaris Menpora),” kata Nazaruddin.

Dalam pertemuan itu, Angie kemudian menyerahkan uang tersebut ke Mirwan Amir (politikus Demokrat) sebesar Rp 8 miliar. “Dan di forum itu, Mirwan juga mengakui telah menerima Rp 8 miliar dari Angelina,” ujar Nazaruddin. [ Tempo ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s