Zona Berita

Ratusan Pekerja di Papua Tuntut Kenaikan Upah

JAYAPURA-Zona Damai: Ratusan pekerja yang tergabung dalam Serikat Pekerja Papua mendatangi kantor gubernur setempat di Jayapura, Jumat (16/12). Mereka menuntut kenaikan upah minimum provinsi dari Rp1,4 juta menjadi Rp2 juta per bulan.

Ketua Serikat Pekerja Papua Nurhaidah kepada wartawan di Jayapura mengatakan dalam draf yang diajukan oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Papua tentang upah minimum, Dinas Tenaga Kerja Provinsi Papua menyetujui dinaikan menjadi Rp1,5 juta lebih.

Namun, lanjutnya, hal itu tidak disetujui oleh para pekerja yang menuntut sebesar Rp2 juta. Alasannya, biaya hidup di Papua tinggi. Oleh karena itu Nurhaidah menyesalkan sikap Dinas Tenaga Kerja yang menyetujui usulan dari Apindo mengenai kenaikan upah tanpa meminta pendapat Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI). “Kami sangat menyesal dengan keputusan pemerintah yang menyetujui usulan Apindo tanpa meminta pendapat SPSI,” kata Nurhaidah.

Menurutnya, UMP untuk Provinsi Papua memang lebih kecil bila dibandingkan dengan Papua Barat dan Banten. “UMP untuk Provinsi Papua Barat sebesar Rp1,8 juta dan Banten sebesar Rp2 juta. Untuk itu, kami meminta pemerintah menaikkan UMP untuk Papua sebesar Rp2 juta,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten II Setda Provinsi Papua Elly Loupatty seusai bertemu dengan pengunjuk rasa mengatakan tuntutan para pekerja akan segera disarankan untuk dibahas kembali. “Sebenarnya memang belum ada keputusan dari gubernur, namun usulan para buruh akan saya sampaikan ke gubernur untuk dibahas kembali agar semuanya selesai,” katanya. [ Ant/MICOM ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s