Zona Berita

Polda Aceh belum Temukan Bukti KIP Melanggar

Kapolda Aceh, Irjen Pol Iskandar Hasan berbicara dalam pertemuan dengan anggota DPRA dan Ketua DPRA, Hasbi Abdullah di ruang rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPRA, Kamis (15/12).

BANDA ACEH-Zona Damai : Kapolda Aceh Irjen Pol Iskandar Hasan mengatakan, sejauh ini pihaknya belum menemukan bukti yuridis tentang adanya pelanggaran yang dilakukan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh terkait tahapan pilkada di Aceh. Meski demikian, pihaknya akan terus melakukan pemantauan terhadap KIP.

“Kalau ada fakta yang kuat bahwa KIP melakukan pelanggaran, tolong berikan kepada kami. Kami siap untuk mengusutnya,” kata Kapolda Iskandar Hasan menjawab pertanyaan Ketua DPRA Hasbi Abdullah dalam pertemuan dengan dewan yang berlangsung di ruang rapat badan musyawarah DPRA, Kamis (15/12).

Pertemuan itu dihadiri Ketua DPRA Hasbi Abdullah, Ketua Komisi A Adnan Beuransah, Ketua Komisi D Jufri Hasanuddin, dan sejumlah anggota dewan lainnya.

Ketua DPRA Hasbi Abdullah dalam pertemuan itu mempertanyakan surat DPRA yang dikirim ke Polda Aceh mengenai hasil Tim Pansus KIP yang menemukan adanya pelanggaran keuangan dan kewenangan yang dilakukan KIP Aceh.

Terkait masalah keuangan, kata Kapolda, sejauh ini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Aceh belum melakukan pemeriksaan karena tahun anggaran belum berakhir. “Maka kita belum ada bukti mengenai hal itu,” katanya.

Kalau memang ada bukti kuat, lanjut Kapolda, pihaknya tidak akan pandang bulu untuk melakukan pengusutan. Karena salah satu tugas yang dilakukan institusi polisi untuk penegakan hukum dan tidak ada kaitan dengan politik. “Kalau dalam proses yuridis ada orang yang terkena atau terseret dalam sebuah kasus, itu namanya risiko,” ujarnya.

Meskipun sejauh ini belum ditemukan bukti tentang pelanggaran pidana yang dilakukan KIP Aceh, pihaknya terus memonitor lembaga penyelenggara pemilu itu. “Bila temukan bukti langsung kita usut,” janjinya.

Kapolda Irjen Pol Iskandar Hasan berjanji akan melakukan evaluasi terhadap razia (sweeping) kendaraan yang belakangan ini gencar dilakukan jajarannya untuk menemukan senjata api dan bahan peledak ilegal. “Kita minta aparat untuk bertindak sopan saat memeriksa masyarakat. Masukan yang diberikan dewan ini sangat berharga bagi kami, polisi,” katanya.

Dalam pertemuan itu juga muncul pertanyaan anggota dewan tentang pengusutan kasus besi tua yang pernah diproses oleh Kapolda sebelumnya (Irjen Adityawarman). “Saya akan memeriksa kembali berkas kasus besi tua tersebut. Kalau memang ditemukan ada tindak pidana, maka akan kita usut lagi,” janji Kapolda. [ aceh.tribunnews.com ]

Categories: Zona Berita

Tagged as: , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s