Zona Berita

Majelis Rakyat Papua Minta OPM Menyerahkan Diri

Jayapura-Zona Damai : Majelis Rakyat Papua (MRP) meminta Tentara Pertahanan Nasional Organisasi Papua Merdeka di Paniai, segera menyerahkan diri. Sengketa antara OPM dan aparat Indonesia hanya akan makin memperburuk situasi di wilayah pegunungan tersebut.

“Kita memang tidak ingin mempublikasikan ini ke media, tapi dengan pendekatan awal memfasilitasi perdamaian di Paniai, ujung-ujungnya memang agar OPM bisa kembali ke NKRI,” kata Ketua Majelis Rakyat Papua, Timotius Murib kepada Tempo, Kamis 15 Desember 2011.

Selanjutnya MRP meminta pemerintah memekarkan kampung baru di Paniai. Dengan pemekaran, setidaknya bisa menarik kembali OPM di hutan untuk bergabung dengan Indonesia. “Di Puncak Jaya itu berhasil, anak dari tokoh OPM di sana, Goliath Tabuni, sudah bergabung dengan NKRI dan menjadi kepala kampung,,” katanya.

Kebijakan pembangunan yang menyentuh kebutuhan rakyat menjadi dasar mengembalikan kepercayaan mereka yang berseberangan. “Memang ini harus dibuat dengan hati-hati, dan kita ingin memulai ini dari sekarang,” ujarnya.

MRP juga meminta OPM menahan diri, tidak melakukan serangan. “Sudah jelas kita menginginkan suasana disana aman, artinya agar mereka (OPM) bisa menyerahkan diri dan menyerahkan senjata,” ujarnya lagi. Ditanya mengenai asal senjata OPM, Timotius mengaku tidak tahu.

Juru Bicara Organisasi Papua Merdeka Devisi II Makodam Pemka IV Paniai, Leo Yeimo mengatakan, saat ini sekitar tujuh kampung di Paniai sudah dikuasai aparat Indonesia. Yaitu Kampung Daruto, Wamani, Badawo, Toko, Deiy, dan Obayo di Distrik Paniai Timur, serta kampung Obaipugaida di distrik Ekadide. “Tentara sudah bikin pos di sana. Kalau mereka maju serang, kita juga maju,” katanya.

Warga di tujuh kampung tersebut penuh ketakutan. “Kita minta agar pemerintah Indonesia segera memindahkan warga disana, supaya kalau ada apa-apa, mereka tidak jadi korban,” ucap Leo. [ Tempo ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s