Zona Berita

Rebut Markas OPM, 1 Brimob Tertembak

JAYAPURA-Zona Damai : Markas OPM pimpinan Tadius Yogi di Kampung Wandinab Paniai Papua, berhasil direbut (diduduki) aparat Kepolisian, Selasa 13 Desember. Sebelum diduduki aksi saling tembak sempat terjadi sejak pukul 09.00 WIT, akibatnya satu anggota Brimob dilaporkan tertembak.

Kapolres Paniai AKBP Jannus Siregar ketika dikonfirmasi mengatakan, aksi penyergapan dilakukan sejak pagi hari. ‘’Kekuatan yang dikerahkan untuk melakukan penyerangan terhadap markas OPM itu, sebanyak 68 personil yang terdiri dari Brimob Kelapa Dua Depok, Brimob Jayapura dan anggota Polres Paniai,’’kata Kapolres.

Lanjutnya, sempat terjadi baku tembak dengan ratusan anggota OPM, sehingga mengakibatkan salah satu anggota Brimob Kelapa Dua Bripka Supono tertembak di bagian paha. ‘’Satu anggota kami tertembak, sementara dipihak OPM belum diketahui, karena mereka melarikan diri,’’ungkapnya.

Namun, kata Kapolres, anggota OPM tidak ada yang tertangkap, karena berhasil kabur. ‘’Kami masih melakukan pengejaran, karena saat kontak senjata berlangsung, mereka sambil mundur masuk hutan,’’tukasnya. Setelah diduduki, sejumlah senjata tajam, panah dan amunisi ditemukan di lokasi. ‘’Kami hanya menemukan senjata tajam, panah dan peluru, sedangkan senjata api yang diperkiarakan ratusan pucuk, berhasil mereka bawa,’’paparnya.
Selain itu, sejumlah dokumen terkait organisasi Papua Merdeka juga ditemukan. ‘’Ada juga dokumen OPM yang ditemukan dan saat ini diamankan,’’ucapnya.

Sementara ini, ujarnya, sedang dilakukan olah TKP. ‘’Setelah diduduki, kami saat ini masih melakukan olah TKP,’’tukasnya.

Rencana selanjutnya, tambah Kapolres, di markas OPM itu akan ditempatkan personil untuk melakukan penjagaan, agar kelompok separatis itu tidak lagi menggunakan lokasi sebagai markasnya. ‘’Kami akan sterilkan lokasi dari kelompok OPM”, tegasnya.

OPM pimpinan Tadius Yogi diperkirakan memiliki ribuan anggota, serta ratusan senjata api, beberapa waktu lalu dibawah komando John Yogi yang merupakan anak Tadius Yogi, membakar jembatan di Distrik Paniai Timur.

Sementara itu Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Papua Komisaris Besar Polisi Wachyono yang dikonfirmasi via ponselnya terkait aksi pendudukan markas OPM serta aksi baku tembak antara OPM dengan aparat, tapi tak ada jawaban hingga berita ini diturunkan. [ Binpa ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s