Zona Berita

Komnas HAM Dalami Pelanggaran HAM Pasca KRP III

JAYAPURA–Zona Damai : Empat Anggota Komisi Nasional Hak Azasi Manusia (Komnas HAM) dari Jakarta dipimpin Wakil Ketua Bidang Eksternal, Nur Kholis, Selasa (13/12/2011) bertemu Majelis Rakyat Papua (MRP) di Jayapura untuk mendalami berbagai kasus pelanggaran HAM di Papua, terutama Pasca Konggres Rakyat Papua (KRP) III.

Tim Komnas HAM tersebut satu anggota Komnas HAM Perwakilan Papua diterima Wakil Ketua I MRP, Hofni Simbiak beserta 15 orang anggota MRP lainnya. Di depan angota MRP, Nur Kholis memaparkan bahwa dari Komnas HAM Pusat telah membentuk sejumlah tim yang bertugas di Papua untuk mendalami kasus-kasus pelanggaran HAM di Papua.

“Saat ini ada tim lain yang bertugas di Timika dan Wamena, untuk melakukan pendalaman masalah-masalah terkait HAM di Papua,” ungkapnya.

Setelah mendengarkan uraian dari sejumlah anggota MRP seputar masalah HAM di Papua, Nur Kholis mengungkapkan sangat mengapresiasi atas sambutan yang sangat baik dari MRP. “MRP ini penting bagi kami karena mereka adalah perwakilan dari grassroot,” jelas Nur Kholis kepada peres.

Menurutnya, hasil dari dialog dengan anggota MRP itu, pihaknya mendapatkan dua hal. “Pertama memahami kebatinan masyarakat Papua yang tercerminkan oleh pandangan mereka. Kedua pandangan-pandangan mereka terhadap beberapa peristiwa yang ada di Papua. Nah ini penting kami mendapat masukan dari lembaga ini,” jelasnya.

Sementara Wakil Ketua I MRP, Hofni Simbiak usai pertemuan mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik apa yang dilakukan pihak Komnas HAM.

“Apa yang dilakukan Komnas HAM ini singkron dengan apa yang kita programkan, dan kita sedang rencanakan untuk kita lakukan,” ujarnya.

Program tersebut, menurutnya adalah bagaimana melakukan kegiatan recovery ataupun penenangan terhadap berbagai permasalahan kekerasan yang terjadi di Papua. [ Binpa ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s