Zona Berita

Dubes AS Tolak Separatis Papua

JAKARTA-Zona Damai : Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Republik Indonesia Scot Marciel menegaskan komitmen negaranya mengenai Papua. Dubes Marciel mengatakan AS tidak mendukung gerakan separatis.

“Pemerintah AS tidak mendukung gerakan separatis dan tetap pada sikap mendukung kebijakan yang akan diambil oleh Pemerintah Indonesia,” ucap Dubes Besar Scot Marciel di kediamannya di Jakarta, Selasa (13/12/2011).

“Kami akan menghormati kebijakan Pemerintah Indonesia, kami sangat menentang kekerasan. Jika benar telah terjadi pelanggaran HAM, maka Pemerintah Indonesia harus segera melakukan penyelidikan,” tambahnya.

Masalah Papua memang menjadi sorotan dalam beberapa waktu terakhir. Beberapa insiden yang terjadi di wilayah paling timur Indonesia menyebabkan jatuhnya korban pada warga Papua dan pihak keamanan sendiri.

Selain Papua, Dubes Marciel yang mewakili Pemerintah AS juga menyampaikan komitmennya untuk mempromosikan dan melindungi komunitas madani yang ada di seluruh dunia demi terwujudnya demokrasi yang menyeluruh.

Dalam upaya memajukan demokrasi, Pemerintah AS memandang Indonesia memiliki peranan penting melalui keberadaan masyarakat madani.

“Salah satu penyebab demokrasi tumbuh subur di Indonesia adalah adanya masyarakat madani yang dinamis,” imbuh Marciel.

Sebagai bagian dari program tiga tahun IKAT-US, tahun lalu Pemerintah AS telah mengucurkan dana sebesar USD15 juta atau sekira Rp135,9 miliar (Rp9.060 per USD) yang disalurkan melalui kerja sama-kerja sama dengan berbagai Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), baik LSM AS-Indonesia maupun dengan LSM lainnya di kawasan. [ Okezone ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s