Zona Berita

Kapolda: Penembakan Bermotif Ekonomi

BANDA ACEH-Zona Damai : Kepolisian Daerah Aceh menurunkan tim ke lokasi penembakan pekerja kebun di Desa Uram Jalan, Geureudong Pase, Aceh Utara, pada Minggu malam, 4 Desember 2011. Tim yang berangkat antara lain dari Direktorat Reserse Kriminal dan Hukum serta anggota intelijen untuk melakukan penyelidikan di lokasi kejadian.

“Mudah-mudahan dengan dukungan masyarakat kejadian ini segera dapat terungkap,” kata Kapolda Irjen Polisi Iskandar Hasan kepada wartawan di Banda Aceh, Senin, 5 Desember 2011.

Menurut Kapolda, kasus itu berlatar belakang kejahatan ekonomi. “Karena tidak memiliki kapasitas bekerja di perusahaan tersebut, sehingga sakit hati. Artinya, tidak diterima bekerja di situ sehingga sakit hati dan melakukan ini,” kata Kapolda.

Meski begitu, kata Kapolda, tim di lapangan sedang bekerja untuk mengusut tuntas penembakan bersenjata yang menewaskan tiga pekerja kebun, dan melukai 5 lainnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kasus penembakan terhadap pekerja kebun karet milik PT Satya Agung terjadi pada Minggu tengah malam. “Saat itu saya dan rekan-rekan saya (pekerja kebun) sedang minum kopi di kios di depan barak. Tiba-tiba datang empat orang memakai sebo dan pakai senjata laras panjang. Salah satu dari mereka minta saya menunjukan KTP. Dan yang lain meminta KTP rekan saya. Saya bilang, saya ambil dulu KTP di dalam (barak),” kata Samin kepada The Atjeh Post, Senin (5/12/2011).

Saat Samit beranjak bangkit dari tempat duduk untuk mengambil KTP-nya, seorang pelaku yang menggunakan bahasa Indonesia langsung berujar: “Nggak usah (ambil KTP). Lalu salah satu dari mereka bertanya daerah asal kami. Kemudian kami disuruh tiarap dan langsung ditembak,” kata warga Alur Genting Karang Inong, Peureulak, Aceh Timur itu. Peristiwa penembakan tengah malam itu merenggut nyawa tiga orang: Sugeng (45 tahun), Katno (50 tahun) dan Herianto yang berusia 30 tahun.

Empat lainnya mengalami luka tembak. Selain Samin, korban lainnya adalah Misman,54 tahun, Harapan alias Apan,35 tahun, (keduanya warga Bukit Lawang, Sumatera Utara), dan Nasrullah alias Erik,21, warga Bangka Jaya, Dewantara, Aceh Utara. Ketiganya dirawat di ruang ICU.[ Atjeh Post ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s