Zona Berita

Menkopolhukam Sesalkan Insiden Tewasnya 2 Anggota Brimob di Puncak Jaya

Jakarta-Zona Damai : Serangan terhadap aparat kepolisian terus berlangsung di Papua. Paling anyar, terjadi Sabtu petang (3/12/11) dua anggota Brimob tewas karena serangan dari kelompok orang tak dikenal di Kali Semen, Kampung Wandigobak, Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya.

Menkopolhukam Djoko Suyanto menyesalkan insiden penembakan yang berujung pada tewasnya dua orang anggota Brimob di puncak Jaya. Menurut Djoko, penghentian tindakan kekerasan seharusnya dilakukan semua pihak.

“Menkopolhukam menyesalkan penghadangan oleh kelompok bersenjata terhadap aparat polri yang sedang evakuasi anggota yang sakit Malaria di kabupaten Mulia,” tutur Djoko dalam pesan singkatnya kepada detikcom, Sabtu (3/12/2011) malam.

Djoko juga menyatakan, jika semua pihak menghentikan tindakan kekerasan, dua nyawa yang melayang tidak akan terjadi.

“Dua orang anggota polri tewas akibat tembakan kelompok bersenjata tersebut, 1 luka-luka. Penghentian tindakan kekerasan seharusnya juga dilakukan semua pihak,” papar Djoko.

Menurut Djoko, selama ini pemerintah melalui aparat di lapangan selalu mencari solusi dengan dialog dan menghindari tindakan kekerasan. “Namun, di sisi lain ada pihak-pihak yang selalu melakukan kekerasan dan memprovokasi. Jadi ini timpang,” katanya.

Saat ini, Kapolri telah diminta untuk melakukan evaluasi ulang status Papua dan mengambil kebijakan yang dirasa perlu. “terhadap pelaku kriminal, hukum harus ditegakkan dan keselamatan petugas di lapangan menjadi prioritas utama,” katanya. [ Detik.com dan JPNN ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s