Zona Berita

Aceh Diharapkan jadi Pelopor Reformasi Birokrasi

Banda Aceh–Zona Damai: Provinsi Aceh diharapkan bisa tampil menjadi pilot project reformasi birokrasi dan menjadi pelopor bagi daerah lain. Harapan ini disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar dalam sosialisasi ke “kampungnya” sendiri.

“Saya berharap Aceh bisa tampil menjadi pilot project reformasi birokrasi dan menjadi pelopor bagi daerah lain. Kalau ini bisa, tentu akan sangat membanggakan,” kata Azwar dalam keterangan persnya, Sabtu (3/12).

Terkait moratorium CPNS, Azwar menekankan perlunya Pemprov Aceh melakukan penghitungan kembali jumlah dan kebutuhan PNS berdasarkan analisa jabatan dan analisa kebutuhan kerja. Hasil perhitungan PNS tersebut sangat penting, karena ke depan hal itu akan menjadi dasar dalam penataan kepegawaian.

Jumlah PNS secara nasional yang saat ini mencapai 4,7 juta, dinilainya terlalu banyak, meskipun rasionya masih 1,98. Dari jumlah itu, selain persebarannya tidak merata, kompetensinya juga masih rendah.Hal itu terjadi karena dalam rekrutmen CPNS, selama ini selalu dihadapkan pada berbagai kepentingan, sehingga masih banyak ditemui banyak penyalahgunaan wewenang.

“Persoalan kepegawaian bukan sekadar dalam rekrutmen, tetapi pada setiap lini sering ditemui berbagai kelemahan, sehingga memerlukan kebijakan-kebijakan yang baik dan dapat dilaksanakan secara baik,” ujarnya.

Animo masyarakat untuk menjadi PNS yang masih tinggi juga perlu dipikirkan. Ke depan, paradigma masyarakat harus menjadi PNS harus diubah. “Ke depan, PNS harus berprestasi kerja, bukan sekadar ‘805’, atau datang jam 8, absen kemudian di kantor hanya ngobrol, sambil menanti jam 5 pulang,” tegasnya.

Untuk itulah pemerintah melaksanakan reformasi birokrasi, dengan harapan tahun 2025 bisa tercipta pemerintahan yang berkelas dunia. Saat ini, reformasi irokrasi memang masih difokuskan ke instansi pusat. Adapun untuk pemerintah daerah, sedang dalam tahap penggodokan untuk mencari daerah mana yang bisa dijadikan pilot project.(jpnn)

Categories: Zona Berita

Tagged as: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s