Zona Berita

OPM Bakar Kantor Distrik Bibida Paniai

Pastor Neles Tebay

JAYAPURA—Kantor Distrik Bibida yang terletak sekitar dua kilometer dari Maddi-lokasi pusat pemerintahan Kabupaten Paniai, diduga dibakar kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM) pimpinan John Yogi, Rabu (30/11) Pukul 17.45 WIT.
Demikian disampaikan Koordinator Jaringan Damai Papua (JDP) Pastor DR. Neles Tebay yang dikonfirmasi via ponselnya, Kamis (1/12). Dia menyebutkan, selain Kantor Distrik, ada tujuh jembatan di sekitar Kantor Distrik tersebut yang dirusak dan juga dibakar.

“Ada dugaan kelompok ini marah karena belum lama aparat Brimob dari Kelapa Dua Depok, Jawa Barat yang ditugaskan di wilayah tersebut melakukan penyisiran ke beberapa kampung. Dalam penyisiran itu Brimob menyita sejumlah alat-alat perkebunan dan juga senjata tradisional mereka, antara lain parang, busur dan juga tombak,” jelasnya.

Kata dia, pihaknya juga menduga kelompok separatis ini juga marah oleh Brimob yang ada disana sebab beberapa hari ini pasukan Brimob mendirikan tenda-tenda darurat untuk penjagaan di sekitar kantor distrik. “Situasi terakhir yang saya terima dari masyaralat disana bahwa masing-masing kelompok ini saling siaga. Brimob siaga, anggota OPM juga siaga. Mereka masih menunggu siapa yang akan mulai terlebih dahulu,” ujarnya.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua Kombes Pol Wachyono megaku belum mendapatkan informasi tentang pembakaran Kantor Distrik tersebut. “Belum ada laporan yang saya terima. Jadi saya belum bisa memberikan komentar. Sejauh ini yang saya dapat informasi bahwa Paniai aman,” katanya.

Sementara itu Dandim 1705 Letkol Inf Nabire Tatang Subarna dalam pesan singkatnya menyebutkan pasca pembakaran kantor distrik itu, sekitar pukul 18.00 WIT hingga saat ini sedang terjadi kontak senjata antara kelompok separatis dengan aparat keamanan di sekitar Kampung Daroto. [ Binpa ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s