Zona Berita

Dibuka, Pos Pengumpulan Aspirasi Dialog Papua

Yan Christian Warinussy

JAKARTA—Zona Damai : LP3BH Manokwari sebagai institusi hak asasi manusia dan organisasi non-pemerintah yang menaruh perhatian pada upaya dan gerakan promosi perlindungan hak asasi manusia bagi semua rakyat dan penegakan hukum di Tanah Papua mulai Jumat (25/11/2011) ini membuka Pos Pengumpulan Aspirasi dan Konsultasi Persiapan Dialog Papua-Indonesia. Kantor ini bertempat di kantor LP3BH Manokwari di Jalan Gunung Salju Nomor 18 Fanindi Bengkel Tan-Manokwari, 98312 Papua Barat.

Yan Christian Warinussy, Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari, Jumat, menghubungi dari Manokwari, tujuan pembukaan pos ini adalah untuk turut membantu rakyat Papua dalam mengumpulkan semua pendapat, pandangan, atau usul dan rekomendasi dari semua lapisan masyarakat Papua tentang apa yang menjadi keinginan atau aspirasi mereka dalam menuju penyelenggaraan Dialog Papua-Indonesia tersebut. Menurut dia, upaya penjaringan aspirasi rakyat Papua penting untuk memberikan sumbangan yang berarti dan konkret serta konstruktif dalam membangun dialog damai dengan Pemerintah Indonesia kelak.

“Oleh sebab itu, kami mempersilakan seluruh warga masyarakat Papua yang ada di Manokwari dan Papua Barat untuk dapat datang sendiri dan bisa menyampaikan berbagai kenyataan hidup yang dihadapinya selama hampir 50 tahun menjadi bagian dari warga negara Indonesia di Tanah Papua dan apa yang diharapkan untuk dibawa dan dibicarakan di dalam dialog tersebut?” ucapnya.

Kesempatan ini tidak saja berlaku bagi orang asli Papua, tapi LP3BH juga mempersilakan warga masyarakat Indonesia lainnya yang menjadi penduduk di Manokwari dan Papua Barat untuk juga bisa datang dan ikut menyampaikan pandangan dan keinginan serta harapannya terkait dengan dialog tersebut.

Hal ini, menurut Yan Warinussy, persoalan penentuan nasib sendiri dan posisi politik rakyat Papua tidak saja bisa ditentukan oleh orang-orang asli Papua sendiri, tetapi juga akan sangat dipengaruhi oleh dukungan politik dari warga negara Indonesia non-Papua yang ada di atas Tanah Papua.

Rakyat Papua dan non-Papua yang ada di luar Manokwari bisa menyampaikan pendapat dan keinginan serta harapannya secara langsung ataupun dengan mengirim surat ke alamat LP3BH Manokwari atau melalui e-mail: lp3bh96@yahoo.com setiap saat. LP3BH Manokwari menjamin kerahasiaan identitas dari setiap orang yang karena itu menyatakan keinginannya untuk tidak dipublikasikan asal identitasnya sebagai bagian dari prinsip-prinsi hak asasi manusia dan etika informasi.

Untuk tahap pertama, pos ini akan aktif selama tiga bulan, atau mulai dari 25 November 2011 hingga 25 Februari 2012 dan akan dievaluasi dengan melibatkan wakil-wakil rakyat Papua dan non-Papua yang dipilih. “Penyelenggaraan kegiatan dan aktivitas pos ini akan berada di bawah tanggung jawab saya sebagai Direktur Eksekutif LP3BH,” ucapnya. [KOMPAS.com ]

4 replies »

  1. Setjara pribadi saja nilai satu kebijaksanaan politik jang baik demi keamanan warga penduduk setempat dan sekitarnja. Saja serius akan mengikuti perkembangan kegiatan anda. Pertanjaan saja chusus bagimana dengan kami warga Papua jang berada dipengasingan dengan politik status dan bukan kewargaan negara asing. Apa kami dibutuhkan pendapat kami ?.

  2. Setjara pribadi saja nilai satu kebijaksanaan politik jang baik demi keamanan warga penduduk setempat dan sekitarnja. Saja serius akan mengikuti perkembangan kegiatan anda. Pertanjaan saja chusus bagimana dengan kami warga Papua jang berada dipengasingan dengan politik status dan bukan kewargaan negara asing. Apa LP3BH Manokwari dibutuhkan pendapat kami ?.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s