Zona Berita

Abraham Samad pimpin KPK

Jakarta-Zona Damai : Lewat pemungutan suara yang dipimpin ketuanya, Benny K Harman, Komisi III DPR memilih Abraham Samad sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Abraham Samad mengungguli empat calon ketua lainnnya, Busyro Muqoddas, Bambang Widjojanto, Adnan Pandupradja, dan Zulkarnain.

Abraham didukung 43 anggota Komisi III DPR, sedangkan Busyro Muqoddas didukung 5 anggota DPR,
Bambang Widjojanto 4 anggota, Zulkarnain 3 suara, sedangkan Adnan Pandupradja didukung 1 suara.

Sebelumnya, DPR telah memilih empat pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) baru, dengan salah seorang di antaranya Bambang Widjojanto, praktisi hukum yang menempati peringkat pertama calon pimpinan KPK dalam rekomendasi Panitia Seleksi beberapa waktu lalu.

Tiga lainnya adalah aktivis Abraham Samad, anggota Kompolnas Adnan Pandupradja, dan stah ahli kepolisian nasional Zulkarnain.

Mereka dipilih menjadi pimpinan baru KPK lewat pemungutan suara atau voting yang berlangsung Jumat siang ini di Gedung DPR, Jakarta.

Inilah Profil Ketua KPK yang baru :

Dr. Abraham Samad, SH., yang lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, 27 November 1966 (44 th), menyelesaikan jenjang pendidikan hukum dari Strata 1 hingga Strata 3 di Universitas Hasanuddin. Di Unhas, ia meraih gelar doktor pada 2010.

Sejak 1966 sampai sekarang, Abraham Samad masih berkarir sebagai advokat. Namun, ia termasuk pengacara dengan latar belakang LSM. Sebab, Abraham adalah seorang penggagas sekaligus Koordinator ACC (Anti Corruption Committee) di Sulsel. Di LSM itu, ia sangat fokus dalam mendorong terciptanya sistem pemerintahan yang baik serta sistem pelayanan publik yang maksimal dengan sasaran pemberantasan korupsi. {zd}

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s