Zona Berita

Ratusan orang menari waita peringati 50 tahun OPM

Timika-Zona Damai : Ratusan orang menggelar tarian waita di Lapangan Timika Indah, Mimika, Papua untuk memperingati 50 tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM), Kamis.

Massa sudah berkumpul di Lapangan Timika Indah mulai pukul 08.00 WIT. Mereka sebagian besar datang dari Kwamki Lama dan Kwamki Baru dan sejumlah satuan pemukiman (SP) di sekitar Kota Timika.

Massa yang terdiri dari para orang tua, pemuda dan anak-anak masih terus menggelar tarian waita dan nyanyian-nyanyian dalam bahasa daerah suku Amungme sambil menunggu kedatangan sebagian massa yang sementara dalam perjalanan menuju Lapangan Timika Indah.

Mereka juga membawa beberapa spanduk bertuliskan “50 Tahun Emas Kebangkitan Kita Bangsa Papua. Tahun Yubilium Papua 2011”.

Dari sejumlah orasi yang disampaikan oleh beberapa pemuda, massa akan menggelar doa bersama memperingati 50 tahun HUT OPM.

Salah seorang koordinator aksi peringatan HUT ke-50 OPM, Damaris Onawame, meminta aparat keamanan mengizinkan massa yang datang dari Kadun Jaya Kilo 11 dan Wonosari Jaya-SP4 untuk bergabung ke Lapangan Timika Indah.

Menurut Damaris, saat ini massa dari Kadun Jaya dan Wonosari Jaya dihadang aparat keamanan di sekitar SPBU Nawaripi.

“Agar tidak terjadi hal-hal tidak diinginkan antara masyarakat dan pihak kemanan, tolong rekan-rekan kami diizinkan bergabung ke Lapangan Timika Indah,” pinta Damaris.

Untuk mengamankan acara peringatan HUT OPM, aparat keamanan menurunkan ratusan personel TNI dan Polri bersenjata lengkap.

Aparat keamanan tampak bersiaga penuh di panggung Lapangan Timika Indah dan di sekitarnya seperti di Gedung Eme Neme Yauware.

Pengamanan acara peringatan 50 tahun HUT OPM di Timika dipimpin langsung Waka Polda Papua, Brigjen Pol Drs Paulus Waterpauw. Tampak pula hadir Komandan Danrem 174 Merauke Kolonel TNI Inf Rahman Wiyadi, Wakil Bupati Mimika H Abdul Muis dan anggota DPRD Mimika, Wilhelmus Pigai.

Tetap beraktivitas

Meski sejumlah kelompok massa menggelar peringatan HUT OPM di Lapangan Timika Indah, namun warga Timika tetap beraktivitas seperti biasa. Kantor-kantor pemerintah dan pusat pelayanan umum seperti bank, rumah sakit, puskesmas, pasar dan pertokoan tetap buka seperti biasa. [Antara]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s