Zona Berita

Gawat… Penderita HIV/AIDS di Papua 10.500.22 Kasus

JAYAPURA–Zona Damai : Jumlah penderita HIV/AIDS di Papua sebanyak 10.500.22 kasus. Peningkatan jumlah ini penderita HIV/AIDS disebabkan ada beberapa daerah yang mengalami peningkatan penyakit mematikan tersebut.

Menurut Yosef Rinta bahwa, kasus HIV/AIDS mengalami peningkatan pada masing-masing daerah. Untuk itu, dinas Kesehatan menyatakan kesiapan dalam membemrikan pelayanan kepada masyarakat. Namun, masyarakat terutama generasi muda harus merespon secara aktif agar tidak mengambil resiko.“Kasus HIV/AIDS belakangan mengalami peningkatan pada masing-masing daerah, untuk itu dibutuhkan kesiapan partisipasi daerah masing-masing pihak untuk menangani kasus HIV/AIDS Di Papua,”ujarnya di kantor Gubernur, kemarin.

Kata dia, sampai saat ini jumlah penderita HIV/AIDS mengalami peningkatan. Dimana sampai saat ini jumlah penderita HIV/AIDS di Papua berjumlah 10.500.22 kasus, ada beberapa daerah yang mengalami peningkatan cukup tajam seperti Kota Jayapura, Wamena, Nabire dan Timika masih tetap berada pada urutan teratas.“Oleh karena itu, kita harapkan melalui pengumpulan data yang kita lakukan diharapkan kedepan dapat memberikan terapi ARV kepada para penderita,”tuturnya.

Dikatakan, sesuai dengan data, dinas Kesehatan baru memberikan terapi terhadap penderita HIV/AIDS sekitar 20 persen. Namun dengan diharapkan dengan semakin giatnya berbagai kegiatan yang dilakukan oleh dinas Kesehatan dalam penanganan HIV/AIDS, diharapkan data memberikan dampak terhadap penanganan penderita HIV/AIDS. “Pendekatan yang kami lakukan terhadap penderita HIV/AIDS di Papua adalah dengan melakukan pendekatan pelatihan,”paparnya.

Untuk melakukan terapi pada pasien, pihaknya tidak membeda-bedakan msayarakat, semua sama. Jadi tidak ada yang namanya diskriminasi bagi siapapun yang menderita HIV/AIDS. Untuk itu, dinas kesehatan telah menyiapkan logistic baik obat-obatan maupun layanan-layanan yang diberikan untuk mendukung pelayanan pada layanan yang ada di Provinsi Papua.[ papos.com ]

Categories: Zona Berita

Tagged as: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s