Zona Berita

Bintang Kejora Tak Boleh Dibentangkan

MANOKWARI-Zona Damai :Dialog antara Muspida Manokwari dan tokoh agama beserta adat di wilayah Papua Barat, Rabu (30/11/2011), akhirnya membuahkan hasil positif. Bendera bintang kejora tidak diizinkan dikibarkan ataupun dibentangkan saat perayaan HUT ke-50 Organisasi Papua Merdeka.
Meski demikian, bintang kejora masih diperbolehkan termuat pada spanduk atau poster-poster yang dibawa oleh masyarakat.

Selain itu, dalam pertemuan yang berakhir dengan win-win solution itu dinyatakan Pemda Kabupaten Manokwari akan menjamin biaya yang dibutuhkan oleh masyarakat yang akan merayakan HUT yang dipusatkan di Lapangan Borasi, Kamis (1/12/2011) siang.

“Kami akan jamin kebutuhan mereka. Tapi berapa besar dana yang disiapkan belum tahu karena belum tahu kebutuhannya berapa,” ujar Bupati Manokwari Bastian Salabay.

Kepala Kepolisian Resor Manokwari Ajun Komisaris Besar Agustinus Supriyanto menegaskan, di mana pun tidak boleh ada pengibaran ataupun pembentangan bendera bintang kejora. Namun, pihak Muspida memberi kelonggaran, untuk poster atau spanduk yang memuat gambar bintang kejora masih diizinkan dibawa.

Demikian pula atribut-atribut lainnya seperti stiker bendera atau gambar bendera pada baju atau noken yang dikenakan warga.

Menurut H Bauw, salah seorang tokoh masyarakat dari Fakfak, keputusan ini merupakan hasil yang moderat yang bisa diterima semua pihak. Sebab, kedua pihak keinginannya bertolak belakang. Satu pihak berkeras penaikan bendera dilakukan saat perayaan, tapi pihak yang lain melarangnya.

“Sepertinya ini sudah putusan yang win-win-solution,” katanya. [ Kompas.com ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s