Zona Berita

El Tari Diusulkan Jadi Bandara Internasional

KUPANG—Zona Damai : Bandara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), diusulkan menjadi bandara internasional dengan tujuan meningkatkan ekonomi dan pembangunan di daerah itu. Bandara ini berbatasan langsung dengan negara Timor Leste dan Australia sebagai halaman depan Republik Indonesia.

Dengan peningkatan status bandara tersebut, maka rute “segitiga emas”, yakni Kupang-Dili-Darwin, dapat dibuka untuk mendukung pembangunan bidang pariwisata, ekonomi, dan investasi di NTT. Rute Kupang-Dili-Darwin pernah dibuka sebelum jajak pendapat, 30 Agustus 1999.

Sekretaris Komisi B DPRD NTT Gabriel Suku Kotan mengemukakan, pemerintah pusat mestinya mendorong Bandara El Tari menjadi bandara internasional. Demikian juga pelabuhan laut Tenau di Kupang. Provinsi ini berbatasan langsung dengan Timor Leste dan Australia sehingga peningkatan status itu sangat memungkinkan.

“Mengapa selama ini jika kita ke Dili dengan pesawat harus melalui Denpasar atau Jakarta, tetapi tidak melalui Kupang. Rute Kupang-Dili hanya ditempuh sekitar 25 menit dengan pesawat jenis boeing, sementara Kupang-Darwin sekitar 35 menit. Mengapa potensi ekonomi yang begitu besar diabaikan,” tutur Kotan.

Menurut Kotan, pemerintah pusat harus mendorong dan memberi kesempatan kepada NTT untuk berkreasi dan tidak harus selalu mendengar dari Jakarta. Wilayah NTT, Timor Leste, dan sebagai wilayah Darwin memiliki iklim yang hampir mirip sehingga kerja sama di bidang pertanian, peternakan, dan perkebunan di wlayah itu bisa dibuka. Dalam rangka perdagangan bebas dan globalisasi, rute penerbangan Kupang-Dili-Darwin sebaiknya dapat dibuka. [ Kompas.com ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s