Zona Berita

Rieke D Pitaloka: Pilih Papua Atau Pilih Freeport?

JAKARTA-Zona Damai: Politisi PDIP, Rieke Diah Pitaloka kembali melontarkan kritikan pedas, terkait tuntutan karyawan PT Freeport yang hingga kini belum terpenuhi. Mau tidak mau, masalah ini, kata Rieke, sudah masuk ke ranah politik.

“Di radio Netherlands, tersiar kabar orang yang mengatasnamakan duta besar Papua, akan memproklamirkan Papua pada 1 Desember nanti. Ini, harus jadi perhatian pemerintah karena Papua masuk ke Indonesia, bukan untuk diserahkan Freeport,” tegas Rieke, Rabu (23/11/2011).

“Kita harus kehilangan Freeport atau Papua? Lebih baik kita kehilangan Freeport daripada Papua yang sudah menjadi bagian dari wilayah Indonesia,” katanya lagi.

Rieke mendesak kepada aparat keamanan di Papua untuk segera menghentikan segala bentuk kekerasan yang masih terjadi. Selain itu, kontrak karya PT Freeport, sudah sepantasnya ditinjau ulang.

“Kalau karyawan pribumi PT Freeport minta gajinya dinaikkan, itu wajar. Karena kalau kita lihat, keberadaan Freeport di beberapa negara, gaji yang diberikan oleh karyawan pribumi, jauh lebih tinggi. Apalagi, penambangan yang dilakukan PT Freeport di Papua, adalah yang terbesar dari yang ada di negara lain,” Rieke menjelaskan.

Di Chili, karyawannya dibayar 19 dolar per jam. Untuk yang menengah, sampai 200 dollar perjam.

Dari 13 perusahaan Freeport, penghasil emas, tapi rakyat setempat tak mendapatkan hasil yang maksimal. Jadi, jangan sampai isu perburuhan ini (tuntutan karyawan PT Freeport), menjadi pintu masuk bagi Papua yang ingin melepaskan papua dari Indonesia. Dan kita patut mencurigai keberadaan pasukan Amerika Serikat di Darwin Austrlia,” demikian Rieke Diah Pitaloka. [ Tribunnews ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s