Zona Berita

Sumpah Adat Damai Warga Perbatasan NTT-Timor Leste

TTU-Zona Damai : Warga Indonesia dan Timor Leste yang mendiami wilayah perbatasan Distrik Oekusi dan Timor Tengah Utara-NTT sepakat menggelar sumpah adat. Sumpah adat dilakukan kedua kubu warga guna menghindari sengketa tapal batas yang kerap terjadi. Komandan Korem 161 Wirasakti Kupang, Edison Napitupulu mengatakan sumpah adat tersebut menjadi dasar bagi TNI dan Polisi Penjaga Perbatasan Timor Leste (UPF) mengambil tindakan hukum, bila ada yang melanggarnya.

“Acara budaya tadi itu tonggak sejarah dari sana kita mulai untuk ke depan terciptanya suatu perdamaian persaudaraan di sini. Dari sanalah nanti khususnya anak buah saya di Pamtas sini menagih janji itu mana kala ada yang melanggar. Jadi saling tukar menukar informasi dengan rekan kita ini dari UPF, terus nanti investigasi bersama dan jelas harus diperoses hukum.”

Ritual Sumpah Adat yang dilakukan warga Indonesia dan Timor Leste ini ditandai dengan minum Sopi atau Arak bersama dan memotong hewan di lokasi zona netral depan Pos Perbatasan Haumeni Ana, Timor Tengah Utara. Sebelumnya terjadi ketegangan antara warga Distrik Oekusi Timor Leste dengan warga Timor Tengah Utara-NTT. Ketegangan dipicu oleh aktivitas bertani masyarakat Pasabe Oekusi di zona netral. Tindakan itu tidak diterima warga Sunkaen, Timor Tengah Utara, karena merupakan zona netral yang belum disepakati dua negara. Sempat terjadi aksi baku lempar dan pengrusakan tanaman serta pembakaran sejumlah rumah dan kebun oleh kedua kubu warga yang bertikai. Namun tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam insiden tersebut. [ KBR 68H ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s